Collina: Webb Harus Atasi Tekanan

Minggu, 11 Juli 2010 – 11:42 WIB
PIMPIN - Howard Webb (tengah) bersama dua rekannya sesama wasit yang akan memimpin laga final PD 2010. Foto: Shaun Botteril/Getty Images/FIFA.com.
JOHANNESBURG - Howard Webb mendapat dukungan penting sebelum memimpin laga final dini hari nanti WIBDukungan itu datang dari mantan wasit terbaik dunia, Pierluigi Collina.

Pria berkepala plontos yang saat ini dipercaya menjadi salah satu komisi wasit UEFA dan konsultan Asosiasi Wasit Sepak Bola Italia itu yakin, kalau Webb akan sukses memimpin partai puncak Piala Dunia 2010

BACA JUGA: Bursa: Unggul di Perpanjangan Waktu

Salah satu alasan yang membuat Collina yakin adalah, kinerja Webb ketika memimpin final Liga Champions antara Inter Milan versus Bayern Munchen, di Stadion Santiago Bernabeu, Mei lalu.

Nah, agar tidak terjadi kesalahan, Collina menyarankan agar Webb dan dua asistennya, Darren Cann dan Mike Mullarkey, bekerja tanpa tekanan
Collina juga mengingatkan agar Webb berhati-hati dalam membuat keputusan

BACA JUGA: Duel Akademi Ajax dan Barcelona

Sebab jika membuat kesalahan fatal, reputasinya akan habis.

"Tekanan di final Piala Dunia memang sangat besar
Tapi jika dipercaya menjadi pengadil lapangan, alasannya hanyalah karena dia sangat bagus

BACA JUGA: Dukungan Kerajaan untuk Finalis

Tidak ada alasan lain," kata Collina, seperti dilansir Associated Press.

"Sebaliknya, jika terjadi sesuatu yang salah, maka semua yang sudah dilakukan pada masa lalu tidak akan ada gunanya lagiSemuanya lenyapTapi saya yakin itu tidak akan terjadiSaya berharap dia mendapat hari baikWebb sudah memimpin banyak pertandingan dengan bagusSaya yakin bahwa keputusan FIFA yang memilihnya akan berbuah positif," paparnya.

Sementara itu, kepercayaan yang diterima Webb ini menjadikannya wasit pertama sepanjang sejarah yang memimpin dua partai final di tahun yang samaYaitu final Liga Champions musim 2009/2010 dan final Piala Dunia 2010Mantan polisi itu juga menjadi wasit Inggris kedua sepanjang sejarah yang dipercaya menjadi wasit partai final.

Wasit Inggris pertama yang memimpin final adalah Jack Taylor di Piala Dunia 1974 yang mempertemukan Belanda melawan Jerman BaratSaat itu, Taylor menjadi perhatian karena memberikan hadiah penalti kepada Belanda di menit-menit awalTapi Jerman bisa membalikkan keadaan menjadi 2-1 dan keluar sebagai juara(ali/bas)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Belanda Didukung Penuh Afrikaners


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler