Copot Jafar, Ibas Ingin FPD Makin Profesional

Rabu, 23 Mei 2012 – 21:42 WIB

JAKARTA – Lengsernya Ketua Fraksi Partai Demokrat Jafar Hafsah  bukan suatu yang mengejutkan. Sejak ribut-ribut rencana kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) yang berujung batal,  posisi Ketua FPD memang sudah diambilalih langsung oleh Ketua Umum PD Anas Urbaningrum dan Sekjen PD Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas).
       
Lalu, apa alasannya Jafar Hafsah akhirnya benar-benar digantikan secara resmi?  Ibas menegaskan, FPD di DPR jelas mempertimbangkan profesionalisme, kinerja dan loyalitas kader selama ini kepada partai.
       
“Kita berharap dan mengerti seluruh kader loyal kepada DPP, kepada Ketua Dewan Pembina (PD, Susilo Bambang Yudhoyono), dan mampu meneruskan kinerjanya dengan baik dan profesional. Kami berpikir profesional dan pemerataan kesempatan,” kata Ibas, kepada wartawan, Rabu (23/5) di Jakarta.

“Tidak boleh mengkritisi yang tidak tepat. Ini wajar, Fraksi Partai Demokrat selama ini belum melakukan penyegaran atau rotasi,” lanjut putra SBY itu.

Sementara Jafar Hafsah selanjutnya menjabat sebagai Ketua Fraksi PD di MPR. Mantan Dirjen Produksi Pangan di Departemen Pertanian itu akan didampingi Agus Bastian yang menjabat sebagai Sekretaris Fraksi PD di MPR.
     
Yang pasti, Nurhayati yang ditunjuk menggantikan Jafar bukan orang lain bagi lingkaran dalam Cikeas.  Anggota Komisi I DPR disebut-sebut pernah dipercaya sebagai pembuat naskah pidato Ibu Ani Yudhoyono.

Lantas apa tanggapan Nurhayati? Ia mengaku hanya menjalankan perintah saja. "Jadi, kalau kita kader partai, politisi kan harus siap diperintah. Ya, saya siap menjalankan tugas itu," katanya.

Nurhayato berjanji untuk membawa FPD DPR untuk konsisten mengusung sikap antikorupsi.  Ditegaskannya pula, FPD akan akan tetap berpolitik secata cerdas, bersih dan santun sebagaimana yang sudah digariskan partai berlambang bintang mercy itu.

Lantas apakah terpilihnya Nurhayati ini merupakan pilihan dari Ketua Umum DPP PD Anas Urbaningrum? “Terpilihnya Nurhayati di DPP dikonsultasikan dengan Dewan Pembina,” kata Saan Mustopa yang juga mendampingi Nurhayati.
       
Sementara Wakil Ketua Dewan Pembina PD yang juga Ketua DPR RI Marzuki Alie berharap rotasi di internal Fraksi PD DPR itu akan membawa dampak positif.  "Rotasi fraksi sepenuhnya wewenang DPP Demokrat. Saya yakin orang-orang yang dipilih benar-benar mampu mengefektifkan FPD. Siapa yang ditunjuk sebagai pimpinan fraksi dan komisi itu akan membawa iklim yang lebih baik," kata Marzuki Alie. (fas/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Jafar Resmi Dicopot, Nurhayati Pimpin FPD DPR


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler