Coral Stock Center Dukung Pemulihan Terumbu Karang

Jumat, 29 Desember 2023 – 04:34 WIB
Coral Stock Center Dukung Pemulihan Terumbu Karang. Foto: LPSPL Serang

jpnn.com, KEPULAUAN SERIBU - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Loka Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (LPSPL) Serang membangun pusat stok karang (Coral Stock Center) di Pulau Lancang, Kelurahan Pulau Pari, Kepulauan Seribu Selatan.

Hal itu sebagai bentuk komitmen untuk mendukung pemulihan ekosistem laut khususnya terumbu karang. Selain rehabilitasi, Coral Stock Center juga bertujuan untuk penyediaan bibit, serta sebagai objek edukasi dan wisata bahari.

BACA JUGA: Bersama BRI Peduli Kelompok Maratua Lestarikan Terumbu Karang Berau

Dalam pelaksanaannya, LPSPL Serang bersama Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Perikanan (DKPKP) Provinsi DKI Jakarta menggandeng Yayasan Karang Lestari Indonesia (YKLI), serta Kelompok Masyarakat DPL-BM Karang Mutiara sebagai mitra konservasi sehingga pengelolaan dan pengembangan Coral Stock Center.

Ketua kelompok DPL-BM Karang Mutiara Usman mengatakan bahwa pihaknya terus aktif melakukan perawatan agar terumbu karang tumbuh dengan baik.

BACA JUGA: Dua Ilmuwan IPB Terlibat Program Restorasi Terumbu Karang Terbesar Dunia

“Monitoring dan perawatan telah dilakukan sebanyak tiga kali pada 23 Juli, 30 September, dan 24 Oktober 2023," ujar Usman, dalam keterangannya, Kamis (28/12).

Adapun Coral Stock Center di Pulau Lancang sebanyak 30 rak (meja transplantasi) dengan jenis karang Acropora spp., Stylophora spp., dan Pocillopora spp.

BACA JUGA: BKI Perluas Pelestarian Taman Terumbu Karang di Pulau Tidung

Peresmian dilakukan pada 9 Juni 2023, bertepatan dengan peringatan Hari Segitiga Terumbu Karang (Coral Triangle Day) yang bertema “Ocean Need Actions”.

Selain itu, dilaksanakan pula monitoring kesehatan ekosistem terumbu karang dan Bersih Laut (Underwater Clean-Up) di perairan Pulau Lancang.

Sejak 2021, LPSPL Serang telah menginisiasi program Coral Stock Center di perairan Desa Sukarame, Kecamatan Carita, Pandeglang, Banten bersama kelompok Konservasi Alam Bawah Laut Sukarame dan Pulau Payung, Kelurahan Pulau Tidung, Kepulauan Seribu Selatan bersama kelompok DPL-BM Terbit Payung.

Hingga 2023, LPSPL Serang berhasil menyediakan stok karang sebanyak 1.978 bibit dan 73 rak transplantasi seluas 0,37 ha.

Dalam pelaksanaannya, LPSPL Serang berkolaborasi dengan Pusat Budi Daya dan Konservasi Laut DKPKP Provinsi DKI Jakarta, serta Asosiasi Koral Kerang dan Ikan Hias Indonesia (AKKII) untuk penyediaan bibit karang. (jlo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler