COVID-19 Tembus 1 Juta, La Nyalla Minta Tingkatkan Disiplin Protokol Kesehatan

Selasa, 26 Januari 2021 – 21:32 WIB
Ketua DPD RI AA La Nyalla Mahmud Mattalitti. Foto: humas DPD RI.

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPD RI AA La Nyalla Mahmud Mattalitti prihatin karena kasus positif Covid-19 di Indonesia sudah menembus angka satu juta.

La Nyalla berharap pemerintah daerah menyiapkan langkah yang lebih tegas dan konkret untuk mengatasi pandemi Covid-19 yang makin berlarut-larut.

BACA JUGA: Besok Jokowi Disuntik Vaksin COVID-19 Kedua

Tanpa sanksi tegas, langkah pemerintah yang menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) untuk menekan penyebaran Covid-19, kurang efektif.

"Sudah beberapa pekan PPKM dijalankan, namun hasilnya kurang efektif karena jumlah kasus Covid-19 tidak mampu ditekan. Masyarakat pun seperti mengabaikan protokol kesehatan," ucap La Nyalla, Selasa (26/1).

BACA JUGA: Masalah Habib Rizieq Bertambah Lagi, Siap-siap Saja ya, Termasuk Ratusan Orang Lainnya

Dia pun memberikan contoh PPKM Jawa Timur yang menjaring 1,9 juta pelanggar protokol kesehatan (prokes). Menurutnya, fakta ini menunjukan masyarakat tidak peduli dengan wabah yang sedang melanda.

Contoh kasus lainnya, seperti masih bukanya sejumlah kafe dan tempat hiburan di kalangan anak muda.

BACA JUGA: Irjen Arman Depari Pimpin Penangkapan Daeng Sabil

"Hal ini sangat kami sayangkan. Karena hal ini makin menambah jumlah kasus. Padahal, langkah pertama untuk memutus mata rantai itu adalah dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan," ujar senator asal Jawa Timur ini.

Karena itu, La Nyalla mengingatkan para kepala daerah untuk tegas menerapkan sanksi ketat bagi pelanggar protokol kesehatan.

"Kalau kasus makin meningkat, saya rasa pemerintah tidak bisa lagi memberikan toleransi. Seharusnya angka-angka ini menjadi kekhawatiran kita bersama," ujarnya.

Lebih lanjut mantan ketua umum PSSI ini mengimbau semua masyarakat menerapkan 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak), untuk memutus penyebaran corona.

"Ayo kita sama-sama menerapkan 3M, sama-sama kita putus pandemi Covid-19. Karena kondisi saat ini sudah semakin buruk. Kalau semua lapisan masyarakat patuh prokes, saya yakin wabah ini melandai," ajak La Nyalla.(boy/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler