Cuaca Ekstrem di Jakarta, Pemprov Ambil Langkah Antisipatif

Minggu, 20 Februari 2022 – 11:07 WIB
cuaca ekstrem di DKI Jakarta. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Cuaca ekstrem melanda ibu kota mendorong Pemprov DKI Jakarta melakukan langkah antisipasi.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Isnawa Adji mengatakan pertama dengan menyebarluaskan informasi dini peringatan cuaca dari BMKG kepada masyarakat.

BACA JUGA: Pulih dari Badai Covid-19, Jakarta Pertamina Pertamax Bantai Jakarta BNI 46

“Selanjutnya pendistribusian sarana dan prasarana penanganan banjir, seperti perahu, ringbouys, jaket pelampung,” kata Isnawa, Sabtu (19/2).

Pihaknya juga berkoordinasi dengan para perangkat daerah lainnya untuk bergerak cepat bila terjadi banjir atau genangan.

BACA JUGA: Prakiraan Cuaca Hari Ini, Warga Wajib Waspada Pada Sore Nanti

Selain itu, BPBD juga melakukan peringatan dini melalui sms blast ataupun DWS bila terjadi kondisi siaga 3, 2, dan 1 kepada masyakat dan aparat  di daerah-daerah yang mungkin terdampak.

“Kami juga mengecek saranan-sarana dan prasana penanganan banjir maupun lokasi pengungsian di wilayah kelurahan,” tuturnya.

BACA JUGA: Ilmuwan China Menemukan Inti Bumi, Bantah Pendapat Lama

Selanjutnya, tim reaksi cepat (TRC) juga disebar ke sejumlah wilayah kota untuk membantu percepatan penanganan dan koordinasi saat terjadi bencana.

“Penyediaan logistik untuk supporting kebutuhan pengungsi berkoordinasi dengan para wali kota sebagai komandan bencana di lima kota dan Pulau Seribu,” tambah Mantan Kepala Dinas Lingkungan Hidup itu.

Sebelumnya, Gubernur Anies Baswedan memberi peringatan dini potensi cuaca ekstrem di ibu kota dalam sepekan ke depan, mulai tanggal 17 hingga 23 Februari 2022.

Dia menyebut adanya potensi peningkatan curah hujan dalam periode sepekan ke depan.

“Kondisi tersebut dipicu peningkatan aktivitas dinamika atmosfer, seperti aktifnya Madden Julian Oscillation (MJO) yang saat ini berada pada fase 3 di sekitar Samudera Hindia dan menunjukkan kontribusi cukup signifikan terhadap pembentukan awan hujan di wilayah Indonesia,” ucap Anies, Kamis (17/2). (mcr4/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pengurus dan Ketua Ranting Ditangkap Densus 88, Muhammadiyah Ambil Sikap


Redaktur : Rasyid Ridha
Reporter : Ryana Aryadita Umasugi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler