Cukupkah Membersihkan Make up Hanya dengan Tisu Pembersih?

Jumat, 28 Februari 2020 – 13:13 WIB
Ilustrasi. Pembersihan wajah. Foto: Istimewa

jpnn.com - Biasanya, setelah menghadiri acara sampai malam hari, terkadang Anda malas melakukan sederet prosedur untuk membersihkan wajah dari make up.

Sebagai solusinya, industri kecantikan pun kembali melakukan inovasi dengan menciptakan produk berupa remover wipes atau tisu pembersih yang diklaim bisa menghapus makeup dengan lebih praktis.

BACA JUGA: Jangan Asal, Ini Kiat Memilih Pembersih Wajah

Namun, apakah itu cukup dan efektif untuk membersihkan makeup? Cukupkah membersihkan makeup hanya dengan tisu pembersih?

Mungkin masih ada sebagian dari Anda yang berpikir bahwa formula dalam tisu pembersih sudah cukup untuk membersihkan wajah dari makeup secara keseluruhan.

BACA JUGA: Tips Memilih Produk Pembersih Wajah untuk Cegah Penuaan

Memang, tisu pembersih bisa memudahkan Anda saat menghapus polesan make up dan sisa-sisa debu yang berdampak pada kulit wajah.

Tisu ini juga sangat mudah digunakan dan bisa dibawa ke mana-mana. Membuat tisu pembersih menjadi produk yang tepat bagi Anda yang ingin lebih ringkas saat bepergian ke luar kota.

BACA JUGA: Membersihkan Wajah Dua Tahap Efektifkah?

Sayangnya, penggunaan tisu saja tidak akan cukup untuk membersihkan wajah Anda secara menyeluruh. Salah satu kelemahannya, tisu ini tidak dapat membersihkan maskara yang bersifat tahan air.

Tisu ini juga tidak dapat menghilangkan minyak berlebih. Oleh karena itu, Anda tetap harus melakukan prosedur perawatan wajah yang lain seperti mencuci dengan sabun dan air setelahnya.

Sebetulnya, bahan-bahan yang ada dalam tisu pembersih makeup juga ditemukan pada produk pembersih lainnya. Beberapa di antaranya adalah zat surfaktan yang berfungsi untuk menghilangkan makeup serta bahan pelarut dan pengemulsi yang bantu mengangkat kulit mati.

Ketika dibiarkan dan tidak dibersihkan kembali dengan air, sisa-sisa kotoran dan minyak yang menempel di wajah akan berpadu dengan bahan-bahan yang masih aktif tersebut. Hasilnya, berbagai masalah seperti komedo dan jerawat akan muncul.

Dr. Craig Kraffert, seorang dermatolog, menyampaikan pada wawancaranya bersama Huffington Post bahwa terdapat kandungan pengawet dalam tisu pembersih yang membuatnya lebih tahan lama untuk penyimpanan dalam jangka panjang.

Dengan alasan inilah pemakaian tisu pembersih tidak disarankan secara rutin karena dapat menyebabkan iritasi atau bahkan reaksi alergi kosmetik.

Selain itu, beberapa produk tisu pembersih makeup juga mengandung alkohol. Bila Anda memiliki kulit yang sensitif, bahan ini akan memberi efek menyengat pada wajah yang kerap membuat Anda merasa tak nyaman.

Tidak hanya tentang kandungannya, gesekan wajah dengan tisu yang terlalu keras bisa saja menimbulkan luka pada wajah. Kesimpulannya, penggunaan tisu pembersih tidak cukup efektif, baik untuk kebersihan maupun kesehatan kulit Anda.(HelloSehat)


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler