Curhat Gubernur Riau di Komisi X DPR

Rusli: Yang Dilihat Hanya Yang Belum Selesai

Rabu, 05 September 2012 – 20:45 WIB
Jakarta - Gubernur Riau HM Rusli Zainal curhat di depan rapat kerja Komisi X DPR RI, Rabu (5/9) malam, saat melaporkan kesiapan akhir Provinsi Riau selaku tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII Riau 9-20 September mendatang. Rapat itu dihadiri Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Andi Mallarangeng dan jajaran, PB PON serta KONI Pusat.

Ketua PB PON Riau itu mengakui, dari 54 venue yang dibangun sebagai saranan pertandingan cabang olahraga PON, saat ini hanya dua venue saja yang bisa dibilang sangat minimalis pembangunannya. Yakni venue menembak di Rumbai Pekanbaru dan Futsal di Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir.

"Ini untuk senam, bagian dalamnya. Ini adalah gedung bela diri, nanti wushu di sini. Tapi tak pernah juga masuk TV (televisi) yang begini, he..he. Yang dilihat hanya yang belum selesai," curhat Rusli yang saat itu melakukan presentasi kesiapan venue PON lengkap dengan fotonya, terutama venue yang sudah berdiri megah, namun selama ini disayangkannya jarang diekspose oleh media. Karena menurutnya yang sering muncul hanya yang belum selesai.

Menurut RZ -sapaan akrabnya- sepekan terakhir pembangunan venue yang belum siap terus digesa sampai bisa fungsional. Sedangkan venue lain yang sudah siap, sejak sebulan lalu telah digunakan untuk uji coba. "Ini stadion, baru-baru ini digunakan pemain naisonal Brazil. Saat PON akan digunakan untuk babak penyisihan," sela Rusli menunjukkan foto stadion Rumbai.

Dia juga menunjukkan foto venue hanggar di Universitas Lancang Kuning. Venue Untuk olahraga bela diri, sampai venue menembak dan futsal yang paling terkendala pembangunannya. "Nah ini yang venue menembak. Ini yang jarak 20 meter, 25 meter. Di luar ini sedang kita pasang landscapenya. Sebagian venue ini nanti akan digunakan untuk iven Islamic Solidarity Games," kata Rusli menjelaskan gambar yang muncul pada layar presentasi ruang Komisi X.

Pada kesempatan itu mantan Bupati Indragiri Hilir Riau duia periode tersebut juga menunjukkan sejumlah infrastruktur penunjang PON, seperti fly over di pertigaan Jalan Tuanku Tambusai dan Jalan Soedirman - Harapan Raya, yang sudah digunakan untuk mengurangi kemacetan Kota Pekanbaru, terutama selama pelaksanaan PON.

"Ini lah gambaran kondisi yang dapat kita lihat," ungkap Gubri di depan rapat kerja Komisi X yang dipimpin Ketua Komisinya, Agus Hermanto. Dia menambahkan bahwa Pemerintah Provinsi Riau bersama PB PON akan berupaya semaksimal mungkin agar sukses penyelenggaraan PON dapat terwujud.(Fat/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Skuat Maung Bandung Mulai Tes Medis

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler