Skuat Maung Bandung Mulai Tes Medis

Rabu, 05 September 2012 – 15:15 WIB
Aang Suparman. Foto: Getty Images
SETELAH berhasil mengikat 22 pemain yang akan diikutsertakan dalam menghadapi kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2012-2013 musim depan, tim Persib Bandung mulai menjalani tes medis terhadap seluruh pemainnya tersebut.

Tes medis diawali dengan tes darah dan kadar lemak yang dilakukan di mess Persib, Jalan Ahmad Yani Bandung. Setelah itu, dokter tim Persib Rafi Ghani membawa para pemain ke laboratorium Medicore di Jalan Dipatiukur untuk melakukan foto rontgent.

Namun, dalam menjalani tes medis tersebut, hanya diikuti sebanyak 13 pemain saja. 10 diantaranya merupakan pemain yang pada sebelumnya tengah bergabung dengan tim Persib Bandung atau bisa juga disebut dengan pemain lama. Sedangkan 3 pemain sisanya terdiri dari pemain anyar.

13 pemain tersebut yakni Cecep Supriatna, Rizky Bagja, Maman Abdurahman, Tony Sucipto, Jajang Sukmara, Hariono, Muhamad Agung Pribadi, Atep, Airlangga Sutjipto, Sigit Hermawan, Shahar Ginanjar, Aang Suparman dan Asri Akbar

"Hari ini tes medis berupa pemeriksaan darah dan mengukur kadar lemak. Lalu foto rontgent dada. Hasilnya baru ada sore, setelah pemeriksaan di lab," ungkap Rafi, Selasa (4/9).

Rafi memaparkan,  alasan pihaknya melakukan tes medis itu bertujuan untuk menjalani prosedur standar terhadap para pemainnya sebelum menjalani kompetisi anyarnya.

Mengingat tes kesehatan tersebut berkaitan dengan keselamatan para pemain sendiri, ketika menjalani sebuah kompetisi.

Dikatakannya, biasanya dilakukan sebelum para pemain ini secara resmi melakukan penandatanganan kontrak.

Hasil dari tes medis ini akan menjadi data medis bagi dokter tim untuk mengatur asupan makanan dan gizi yang dibutuhkan oleh pemainnya itu sendiri.

"Kita memang harus menjalankan prosedur dengan baik. Sepak bola kan olahraga berat. Jadi, pemeriksaan kesehatan ini berhubungan dengan latihan fisik yang akan mereka jalani nanti," terangnya.

"Setelah data kesehatan pemain kita miliki, kita bisa tahu bagaimana harus menyesuaikan dengan latihan fisik yang mereka jalani. Termasuk status gizi pemain bagaimana," sambungnya.

"Memang kita harus ada pegangan riwayat kesehatan mereka, supaya ke depan tidak ada masalah. Kalau ada apa-apa, kita kan sudah tahu dari awal," jelasnya.(gin)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Maung Bandung Bidik Kiper Muda Berbakat

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler