Cyrus: Hasil Quick Count tak Boleh Dipesan

Jumat, 11 Juli 2014 – 04:00 WIB
Suasana hitung cepat yang digelar Cyrus Network. Foto: Cyrus Network

jpnn.com - JAKARTA -- Direktur Cyrus Network, Hasan Nasbi Batupahat mengatakan perlu adanya kewaspadaan dengan munculnya perbedaan hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014. Pasalnya, jika ini tidak dilakukan maka akan membuka peluang pangsa pasar quick count hitam dari lembaga survei yang tak bertanggung jawab.

"Akan ada pangsa pasar survei hitam. Nanti dia survei, dia utak atik angka sendiri," kata Hasan dalam Konferensi Pers Lembaga-Lembaga Penyelenggara Quick Count Pilpres 2014, di Jakarta, Kamis (10/7).

BACA JUGA: Rieke Yakin SBY Tak Akan Biarkan Kerusuhan Pecah

Hal ini bisa menjadi preseden buruk yang dapat menggoda lembaga-lembaga tertentu untuk melakukan quick count hitam. "Kalau tidak dibereskan nanti akan terjadi di pilkada-pilkada bahkan lima tahun mendatang," paparnya.

Hasan mengatakan memang hitung cepat itu membutuhkan biaya yang mahal. Kata dia, jika tidak biaya sendiri oleh lembaga yang bersangkutan makan tentu akan ada donatur dari pihak lain.

BACA JUGA: Ada Persoalan Ketidakjujuran di Lembaga Penyedia Quick Count

Hasan tak menampik bisa saja ada pihak-pihak yang membiayai untuk perhitungan cepat. Bisa pengusaha, partai politik, kandidat, dan lainnya yang ingin mengetahui dengan cepat hasil perhitungan.

"Quick count itu bisa diongkosi siapapun. Tapi, hasilnya tidak bisa dipesan," tegasnya. (boy/jpnn)

BACA JUGA: Lembaga Quick Count Unggulkan Prabowo-Hatta Ditantang Buka Data TPS

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ada Manipulasi Hitung Cepat Pilpres, KPU Terhindar Teror


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler