Daerah Ini Bakal Disulap Menjadi Kawasan Heritage Kota Depok

Jumat, 12 November 2021 – 02:25 WIB
Jalan Pemuda yang akan dijadikan kawasan Heritage Depok. Foto : Lutviatul Fauziah/JPNN.com

jpnn.com, DEPOK - Dekan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (UI) Prof Hendri D.S Budiono siap mendukung pengembangan Depok Lama yang berlokasi di Jalan Pemuda hingga Stasiun Depok di Jalan Kartini sebagai kawasan heritage.

Prof Hendri berharap pada 27 April 2022 yang bertepatan dengan ulang tahun Kota Depok sudah ada aksi konkret guna mewujudkan kawasan heritage itu.

BACA JUGA: Dubes Belanda Berkunjung ke Depok Lama, Ini Tujuannya

"Entah itu dalam peletakan batu pertama atau syukur-syukur sudah mulai pembangunan," ucap Prof Hendri.

Hal itu disampaikannya seusai mengikuti diskusi penataan kawasan heritage Kota Depok bersama Duta Besar Belanda untuk Indonesia Lambert Grijns Kamis (11/11).

BACA JUGA: Anak Semata Wayang Mendoakan Pak Margonda Menjadi Ahli Surga

Menurut dia, dalam diskusi itu Dubes Belanda sudah menyampaikan dukungan pemerintahan neganya terhadap program Depok heritage.

Dukungan itu diberikan pemerintah Belanda sebagai media bagi orang-orang yang dahulu pernah memiliki sejarah dan ikut membesarkan Depok.

BACA JUGA: Arief Poyuono: Tolong Hormati Jokowi yang Masih Menjabat

"Kawasan heritage ini dimulai dari Jalan Pemuda hingga Stasiun Depok. Karena memang lokasi tersebut yang didaftarkan Pemerintah Kota Depok menjadi daerah cagar budaya," jelasnya.

Hendri menjelaskan nantinya kawasan heritage itu bakal dilengkapi dengan museum dan fasilitas lainnya.

Terlebih lagi, berdasarkan kisah terdahulu pernah ada Kantor Presiden Depok dengan sejarahnya, sehingga hal itu akan menjadi daya tarik tersendiri.

Sebelumnya, Dubes Belanda untuk Indonesia Lambert Grijns mendatangi kawasan Depok Lama yang berada di Jalan Pemuda, pada Kamis.

Kedatangan Lambert untuk berdiskusi dengan Pemerintah Kota Depok dan Universitas Indonesia (UI) terkait kawasan Belanda Depok yang akan dijadikan heritage.

"Saya baru pertama kali datang ke Depok Lama, di sini ada Belanda Depok dan masih ada generasi ke-10 Cornelis Chastelein. Ini sangat istimewa sekali," ucapnya. (mcr19/jpnn)


Redaktur : M. Fathra Nazrul Islam
Reporter : Lutviatul Fauziah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler