Daging Kurban Disebar di 8 Negara

Minggu, 28 Oktober 2012 – 05:40 WIB
JAKARTA - Selama tiga hari ke depan, Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU akan menyebarkan daging hewan kurban ke delapan negara. Penyebaran daging hewan kurban tersebut, dilakukan demi misi kemanusiaan yang terbalut dalam pengembangan program Sebar Qurban Nusantara (SQN).

Ketua Panitia SQN PKPU, Nana Sudiana mengatakan, delapan negara yang akan dijangkau tahun ini yakni, Somalia, Ethopia, Kenya, Gaza di Palestina, Rohingya di Myanmar, Filipina, Kamboja dan Thailand. "Ini merupakan tahun keenam PKPU distribusikan hewan kurban ke Luar Negeri sejak 2007. Total hewan kurban yang di distribusikan ke delapan negara sebanyak 2.938 ekor," kata Nana Sudiana.

Nana menjelaskan, momentum kurban ini dimanfaatkan untuk menyentuh kepedulian bersama dan juga ingin membangun persaudaraan umat sedunia. "Dengan kurban kita semua diajak berbagi dan peduli sekaligus membuktikan tingkat pengorbanan kita dalam memaknai Idul Adha tahun ini," ungkap Nana.

Karena itu, Nana Sudiana mengajak masyarakat di tanah air untuk peduli terhadap saudara sesama muslim yang nasibnya tidak kalah memprihatinkan. Terlebih sejumlah negara seperti, Myanmar, Somalia dan Palestina, dinilai sangat membutuhkan uluran bantuan dari dunia termasuk Indonesia.

Menurut dia, PKPU telah mengirim tiga tim SQN untuk mengawal penyelenggaraan kurban tersebut. Mereka di antaranya Muhammad Kaimuddin dan Suharjoni untuk wilayah Rohingya/Sittwe di Myanmar. Selain itu, Rully Barlian, Sukismo dan Eko Sulistyo untuk wilayah Somalia dan Kenya.

Serta tim ketiga yaitu Tomy Hendrajati dan Hageem Che-Ni (Abdul Hakim) ke Thailand. Ketiga tim SQN PKPU ini telah tiba di lokasi tujuan dan mempersiapkan pelaksanaan ibadah kurban di sana. "Mungkin tak semulus yang dibayangkan. Bisa jadi, bahasa menjadi kendala, namun nilai, motivasi dan tantangan kemanusiaan harus terus dan tetap berjalan. Di samping itu menjalankan peran sosial menjadi solusi kemanusiaan dan perdamaian,"pungkas Nana.

Sementara itu, tim SQN PKPU Bandung juga sudah mulai mendistribusikan hewan kurban di beberapa wilayah di Jawa Barat seperti Bandung, Cirebon, Subang, Cimahi, Cianjur, Sukabumi, Karawang, Garut, Tasik dan wilayah-wilayah lainnya.  (mg9/rls)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Mobil Pejabat Pemprov Sulsel jadi Sasaran Teror

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler