Dahlan Ingin Padukan Konsep Rusun Dan Kereta Api

Selasa, 14 Mei 2013 – 18:44 WIB
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan berkeinginan mengembangkan rumah susun (rusun) dan apartemen murah di sekitar stasiun kereta api. Hal itu dilakukan sebagai salah satu solusi untuk mengatasi kemacetan di Jakarta.

"Ide pengembangan itu terinspirasi ketika saya berkunjung ke Hongkong. Selain mencegah kemacetan juga dapat menghemat biaya transportasi bagi warga. Sehingga tak perlu repot-repot mengeluarkan kendaraan pribadi, cukup dengan jalan kaki menuju stasiun untuk berpergian," ujar Dahlan di hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (14/5).

Menurutnya dengan mendirikan rumah susun atau apartemen murah kemudian mengkombinasikannya dengan moda transportasi kereta api, maka akan sangat efektif mengurangi kemacetan yang terjadi di Jakarta.

Untuk itu Dahlan meminta Perum Perumnas menyisir lahan-lahan kosong dekat stasiun kereta api untuk dibangun rusun dan apartemen murah. Meski begitu, Dahlan sadar idenya tersebut tidak mudah untuk diwujudkan, karena pasti terbentur birokrasi dan koordinasi dengan pemerintah daerah.

Untuk merealisasikannya, mantan dirut PLN ini ingin melibatkan BUMN Karya untuk membangun rumah susun dan apartemen murah. "Sesungguhnya, kita punya BUMN yang jika dikoordinasikan satu sama lain, Perumnas, BUMN Karya dan KAI, dapat menciptakan apa saja yang terbaik bagi masyarakat," pungkas Dahlan.(chi/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kereta Listrik Wanita Diganti Dengan Reguler

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler