Dahlan Iskan Pelajari Hasil Penelitian Mahasiswa

Minggu, 19 Mei 2013 – 11:25 WIB
PONTIANAK – Lomba Karya Ilmiah Nasional (LKIN) tentang energi terbarukan yang digelar Tim Bioenergy Expedition Universitas Tanjungpura 2013 dimenangkan oleh Tajudin Baihaki dan M Alfi Zahnawul Farich dari Universitas Negeri Surabaya.

Mereka melakukan penelitian tentang pemanfaatan kotoran ternak sebagai bahan bakar biogas. “Kami merasa sangat bangga, karya kami mendapat apresiasi dari dewan juri. Apalagi diserahkan langsung oleh bapak Dahlan Iskan,” ujar Alwi, usai acara penganugerahan di Auditorium Untan, kemarin (18/5) siang.

Keduanya berhak mendapatkan hadiah mengunjungi lima negara di Asia Tenggara bersama tim Bioenergy Expedition Untan. Sementara juara II dimenangi oleh tim dari Universitas Diponegoro Semarang, sedangkan juara III didapatkan oleh Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto. Mereka menyisihkan enam finalis lain dari perguruan tinggi lain.

Menteri Badan Usaha Milik Negara, Dahlan Iskan yang hadir pada hari pengumuman dan menyerahkan hadiah mengatakan penelitian-penelitian untuk mencari sumber energi baru penting dilakukan saat ini.

Pasalnya energi fosil yang masih dominan saat ini akan habis pada masa yang akan datang. Menteri nyentrik ini sendiri dikenal cukup fokus pada pengembangan energi alternatif, lewat proyek mobil listrik dan gas karbon.

Orang yang sebelumnya menjabat direktur utama PT PLN (Persero) ini juga menyatakan tertarik dengan hasil-hasil penelitian yang ikut dalam LKIN Untan itu. Menurut dia, bisa saja temuan-temuan itu dijadikan industri berskala besar yang menguntungkan negara.

“Saya minta semua copy dari penelitian ini. Akan saya pelajari semuanya. Apakah nantinya bisa masuk dalam komersial industri atau tidak,” tandas Dahlan.

Dia juga menyinggung soal komitmen menekan emisi karbon berbahaya. Malahan, menurut dia emisi karbon tersebut bisa diubah menjadi energi listrik yang berguna bagi masyarakat.

“Ini sesuai dengan keinginan presiden agar seluruh perusahaan mau menekan emisi gas karbon. Banyak perusahaan BUMN yang memiliki pabrik sawit. Namun pabrik tersebut ternyata mengeluarkan gas buang yang berbahaya yang sebenarnya bisa dijadikan listrik,” tukasnya.

LKIN sendiri merupakan bagian dari Kalbar Future Energy Expo 2013 yang digagas tim Bioenergy Expedition Untan. Kegiatan ini merupakan ajang untuk memperkenalkan dan mempublikasikan produk energi baru dan terbarukan para finalis lomba karya ilmiah nasional Expo Bioenergy Untan.

Ketua Panitia, Bambang Dwi Cahyo mengatakan kegiatan tersebut diadakan agar mahasiswa dan masyarakat tahu akan perkembangan energi di Indonesia saat ini.

“Saat ini antusiasme mahasiswa sangat besar tentang isu energi terbarukan ini. Tidak hanya dari sains tapi dari fakultas lainnya,” ucapnya.

Selain itu, akan digelar juga seminar berbagai fakultas-fakultas yang ada di Untan, pameran berbagai produk unggulan setiap fakultas dan unit kegiatan mahasiswa yang ada di Untan. (ars)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kelelahan, Bupati Tegal Meninggal

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler