Dahlan Iskan Resmikan 3 Monorel Hasil Konsorsium BUMN

Senin, 06 Mei 2013 – 12:23 WIB
Product mock up kereta monorel yang diresmikan Menteri BUMN, Dahlan Iskan. Foto: Yessy/JPNN
MADIUN - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan, Senin (6/5) resmi melaunching product mock up kereta monorel. Tiga monorel yang diresmikan hari ini merupakan hasil pengembangan PT INKA bersama konsorsium BUMN yang diketuai PT Adhi Karya Tbk (ADHI).

"Monorel ada 3 yang diresmikan, yaitu monorel Cibubur-Cawang, Bekasi Timur-Cawang, Cawang-Kuningan, kemudian monorel Bandara Soetta yang menghubungkan terminal I-III," ujar Dahlan saat memberikan sambutan peresmian mock up monerel tersebut di Kantor INKA, Jalan Yos Sudarso, Madiun, Jawa Timur (6/5).

Peresmian mock up monorel ini ditandai dengan pembelian tiket secara otomatis yang dilakukan oleh Dahlan di tempat tersebut. Selain menyaksikan prototype monorel Jabodetabek dan kerjasama pengembangan monorel bandara Soekarno Hatta antara konsorsium BUMN pengembang monorel dan PT Angkasa Pura II, Dahlan juga menyaksikan peluncuran monorel non penumpang untuk angkutan kontainer. Monorel ini nantinya akan melengkapi angkutan barang di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Jawa Timur.

"Ini nanti akan jadi pelabuhan pertama pakai monorel untuk angkut kontainer," jelasnya.

Hal ini kata Dahlan, merupakan bentuk kerja nyata BUMN dalam mengembangkan kemajuan transportasi, utamanya yang ramah lingkungan, nyaman dan terjangkau.

Di tempat yang sama Dirut INKA R. Agus Purnomo mengatakan, kemampuan untuk merancang dan mengembangkan monorel sudah dimiliki sejak lama. Namun, INKA terus melakukan penyempurnaan membuat monorel berbagai tipe.

"Kereta penggerak sudah lama kami luncurkan, tapi kami terus melakukan penyempurnaan oleh enjiner muda. 2015 kami siap meluncurkan," pungkasnya.

Untuk pembangunan monorel Jabodetabek ini, ADHI menggandeng beberapa BUMN lain seperti : PT Jasa Marga Tbk, PT Telekom Tbk, PT LEN (Persero) dan PT INKA (Persero), Pelindo III, dan Angakas Pura II. (chi/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... BI Beri Sinyal Intervensi Rupiah

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler