Dahlan Iskan, Urakan tapi Kerja Nyata

Selasa, 04 Juni 2013 – 18:31 WIB
JAKARTA - Satu lagi buku tentang sosok Dahlan Iskan diluncurkan. Kali ini, pengamat politik Fachry Ali dan Direktur Utama PT Pelindo II Richard Joost Lino yang berduet menyusun buku mengenai pria yang kini menduduki kursi menteri BUMN itu.

Buku dengan judul 'Antara Pasar dan Politik, BUMN di Bawah Dahlan Iskan' diterbitkan oleh Gramedia.

Selama ini Fachry menilai, Dahlan terkenal sebagai tokoh yang berani melakukan terobosan.

"Keberaniannya untuk menentang sistem yang salah yang telah berlangsung lama, membuat Pak Dahlan dijuluki menteri kontroversial," ujar Fachry saat membedah buku tersebut di Gedung Arsip Nasional, Jakarta, Selasa (4/6).

"Sifat-sifat seperti itu (yang dimiliki Dahlan, red), sifat itulah yang sebenarnya dibutuhkan Indonesia saat ini," sambung dia.

Saat ini, kata dia, Indonesia butuh pemimpin seperti Dahlan. Meski terkadang urakan, mantan dirut PLN itu, selalu melakukan kerja nyata.

"Indonesia membutuhkan pemimpin seperti itu. Pak Dahlan di mata saya memang urakan. Tetapi beliau selalu membawa gebrakan pembaharuan," papar Fachry.

Di tempat yang sama, Dawam Rahardjo yang bertindak sebagai pembicara dalam bedah buku itu mengatakan, BUMN harus dikelola oleh orang yang profesional. Sebab bila diurus dengan cara birokratis, menurut pria bergelar profesor itu, hasilnya akan kurang berhasil.

"Untuk melawan sistem birokrasi yang mengekang, BUMN harus ditangani oleh kaum profesional dan saat ini BUMN dipimpin oleh orang yang tepat," pungkasnya.

Diskusi buku ini dihadiri sekitar 150 orang. Mereka datang dari berbagai kalangan. Hadir pula Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) R.J Lino.  Dahlan Iskan juga hadir. (chi/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Polri-BNN Layani Pecandu Narkoba

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler