Dahlan Resmikan Pembangunan RS Pekerja PT KBN

Jumat, 22 Februari 2013 – 11:56 WIB
UNTUK PEKERJA: Dahlan Iskan setelah meresmikan peletakan batu pertama rumah sakit pekerja di KBN. FOTO: Echi / JPNN
JAKARTA - Para pekerja di PT Kawasan Berikat Nusantara (KBN) persero hari ini (22/2) bisa bernafas lega. Pasalnya hari ini perusahaan pengelola kawasan industri terpadu berstatus berikat  itu meresmikan peletakan batu pertama pembangunan rumah sakit untuk pekerja di wilayah KBN. Peresmian ini juga dihadiri oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan.

Pembangunan ini merupakan sinergi antar Badan BUMN khususnya PT KBN, Jamsostek, Askes, PT Binakarya, PT Nindya Karya, dan PT Indrakarya. Direktur Utama PT KBN Sattar Taba mengatakan pembangunan rumah sakit pekerja ini bertujuan meningkatkan pelayanan kesehatan pekerja yang berada di wilayah KBN.

"Pembangunan rumah sakit ini juga menanggapi usulan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada 27 April 2012 di Batam, yang berkeinginan mempunyai rumah sakit bagi pekerja," ujar Sattar saat memberikan sambutannya di kawasan BKN, Cilincing, Jakarta, Jumat (22/2).

Hal yang sama juga dikatakan Dahlan saat memberikan sambutannya. "Ide membangun rumah sakit ini datang langsung dari Presiden. Beliau (SBY) bilang begini, tentara saja punya rumah sakit kenapa kita (pekerja-red) tidak punya rumah sakit," papar Dahlan menirukan apa yang disampaikan Presiden SBY.

Dalam pembukaannya, Sataar juga memaparkan fasilitas serta luas rumah sakit yang akan mulai dibangun pada hari ini. "Spesifikasi teknis rumah sakit ini setara dengan kelas C+ yang berfungsi sebagai penyelenggara pelayanan medik, pelayanan penunjang medik, dan pelayanan penunjang non medis," jelasnya.

Adapun rinciannya lokasi lahan luasnya 3.652 meter persegi dengan luas lahan yang dibangun 1.278 meter persegi. Luas lahan terbukanya 2.374 meter persegi yang meliputi lahan parkir, jalan dan saluran lansekap rumah. Jumlah tempat tidur yg tersedia 184 (kelas 2). Luas bangunan 9.000 m2 dengan 8 lantai. "Target pembangunan ini selama enam bulan, sekitar bulan Agustus akan diresmikan," terang Sataar.

Sedangkan, konsep perancangannya menggunakan green hospital, dengan penekanan kepada penggunaan cahaya alam seoptimal mungkin di segala area. Lahan hijau juga akan membantu proses penyembuhan pasien dan penggunaan sistem ventilasi yang menjadi salah satu usaha untuk pencegahan nosokomial pada rumah sakit.

Peresmian pembangunan ini ditandai dengan pemencetan tombol pemancangan bangunan oleh Dahlan bersama beberapa pekerja bangunan di lokasi tersebut, sembari katakan. "Maka dengan ini RS KBN resmi akan dibangun hari ini," pungkas Dahlan. (chi/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dirjen Perla Baru Janjikan Terobosan

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler