Dalam Macet pun Fuadi Bahas Novel

Minggu, 14 Agustus 2011 – 11:43 WIB
JAKARTA - Kesuksesan Negeri 5 Menara terkait erat dengan istri Fuadi yang akrab disapa Yayi ituSejak awal, alumnus Westminster University, UK, tersebut mendorong sang suami membukukan kisah hidupnya

BACA JUGA: Ahmad Fuadi, di Balik Negeri 5 Menara

Yayi juga yang memperkenalkan dunia novel
Tidak hanya itu, Yayu memacu Fuadi untuk belajar menulis

BACA JUGA: Ultah, Paramitha Rusady Tak Didampingi Suami

Sejumlah buku yang memuat cara penulisan novel diberikan Yayi kepada suaminya.

"Ironisnya, buku cara menulis novel di Indonesia itu jarang banget, hampir nggak ada
Kami sampai berburu ke luar negeri dan situs Amazon

BACA JUGA: Zaskia Adya Mecca Tetap Cinta Jakarta

Ternyata di sana (Amazon.com) banyak," jelas Yayi yang menikah dengan Fuadi pada akhir 1999 itu.

Selain menjadi pemacu semangat, perempuan kelahiran 14 Januari itu menjadi editor novel perdana sang suamiSebagai penggemar berat novel, Yayi bisa dibilang paham betul seluk-beluk novelKarena itu, setiap Fuadi merampungkan draf novelnya, Yayi selalu memeriksanya.

"Awal-awalnya, saya nggak tahu cara nulis novelBegitu mulai nulis, draf saya kasih ke YayiAwalnya, banyak coretannyaTetapi, semakin sering dikoreksi, coretannya semakin sedikitKalau ada dua penulis di Negeri 5 Menara dan Ranah 3 Warna, penulis keduanya adalah Yayi," tutur Fuadi.

Yayi memang berupaya mendukung Fuadi secara maksimalBahkan, public relation di sebuah perusahaan asing itu menuturkan, dirinya selalu memanfaatkan waktu untuk merampungkan tulisan Fuadi, termasuk di kala macet.

"Waktu itu kan Jakarta lagi banjir parah banget dan macet di mana-manaSambil nungguin macet, saya mengoreksi tulisan diaSaya coret-coret yang kurang pas dan kami diskusi bareng, jadi nggak kerasa macetnya," kenang Yayi lantas terbahak.

Dalam Negeri 5 Menara dan Ranah 3 Warna, ada tokoh perempuan yang menjadi love interest Alif Fikri, tokoh utama novel yang tidak lain adalah Ahmad FuadiYakni, tokoh Sarah dan RaisaNamun, Yayi tidak cemburu sama sekali karena justru dirinya yang menyumbang plot adanya tokoh love interest itu"Ya biar seru aja, biar nggak monotonKalau mau tanya siapa Raisa itu, tanya orangnya langsung," kata Yayi sambil menunjuk sang suami.

Yayi kompak dengan FuadiKeduanya kerap bersama baik di dunia pribadi, dunia pendidikan, maupun dunia kerjaSaat Fuadi pindah ke Washington DC, Amerika Serikat, untuk kuliah, Yayi kuliah di tempat yang sama, yakni George Washington UniversitySembari kuliah, mereka menjadi reporter Voice of America.

Berita sekelas tragedi 11 September dilaporkan keduanya langsung dari Pentagon, White House, dan Capitol Hill"Kok ya momentumnya pas dengan tragedi 11 SeptemberTapi, memang saya nggak bisa nganggurJadi, saat suami sekolah atau kerja, saya juga harus kerja," imbuhnya(ken/c8)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Jupe Tantang Produser Tawarkan Film Islami


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler