Dampak Kampanye, NBL/WNBL Seri Bandung Berakhir Lebih Awal

Jumat, 14 Maret 2014 – 06:17 WIB

jpnn.com - BANDUNG - Speedy NBL Indonesia 2013-2014 Seri Bandung terpaksa berakhir sehari lebih awal. Begitu pula laga-laga Speedy WNBL Indonesia. Total sebanyak tujuh laga (5 laga NBL dan 2 laga WNBL) yang seharusnya berlangsung pada hari Minggu, 16 Maret 2014, tidak dapat diselenggarakan.

Hal ini menyusul pencabutan rekomendasi atau surat izin keramaian dari pihak kepolisian. Karena bertepatan dengan dimulainya rangkaian kegiatan nasional kampanye Pemilu Legislatif (Pileg) 2014.

BACA JUGA: Ancam Sopir Taksi Saat Mabuk, Bendtner Terancam Denda

PT Deteksi Basket Lintas (DBL) Indonesia selaku penyelenggara kedua liga (NBL dan WNBL) telah berkoordinasi dengan pihak Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat. Namun, pembatalan kegiatan pada hari Minggu (16/3) sudah tak bisa dihindarkan lagi.

”Kebijakan membatasi rekomendasi atau surat izin keramaian ini berlaku secara nasional hingga 16 April mendatang. Mulai masa kampanye, minggu tenang, hingga penghitungan suara Pileg. Masyarakat yang berniat membuat acara diimbau untuk menunda atau membatalkan acara hingga waktu yang ditetapkan,” ujar Dirintelkam Polda Jabar Kombespol Faruk.

BACA JUGA: Indonesia Naik Empat Tingkat di Daftar Peringkat FIFA

Lima laga NBL yang terkena dampak pembatalan adalah Pacific Caesar Surabaya versus Satya Wacana Metro LBC Bandung, Hangtuah Sumsel IM vs Bimasakti Nikko Steel Malang, JNE BSC Bandung Utama vs Satria Muda BritAMa Jakarta, CLS Knights Surabaya vs Garuda Kukar Bandung, serta NSH GMC Jakarta vs Stadium Jakarta.

Sementara dua laga WNBL yang juga mengalami delay adalah Sritex Dragons Enduro Solo vs Surabaya Fever dan Rajawali Bandung vs Tomang Sakti Mighty Bees Jakarta.Sebagai dampak atas pembatalan ini, penyelenggara langsung bekerja cepat menyelesaikan revisi jadwal musim reguler.

BACA JUGA: Kimi Waspadai Pemakaian Bahan Bakar

”Kami mengucapkan maaf sebesar-besarnya kepada penggemar basket di Bandung. Sebagai liga yang punya keinginan untuk menjadi standar penyelenggaraan seluruh cabang olahraga di tanah air, kami telah membuat jadwal jauh hari sebelum, bahkan setahun sebelum. Bahkan jadwal untuk musim depan pun kami sudah persiapkan. Namun apa boleh buat, karena pencabutan rekomendasi, kami terpaksa mengakhiri seri Bandung lebih dini,” kata Azrul Ananda, direktur PT DBL Indonesia, commissioner NBL dan WNBL Indonesia.

”Kami punya mimpi, kelak semua kegiatan di Indonesia tidak terpengaruh oleh situasi politik dan lain sebagainya. Seperti yang terjadi di negara-negara maju. Kami percaya, kelak hal-hal seperti ini tidak akan terjadi lagi, karena olahraga seharusnya tidak ada kaitannya dengan politik,” tegas Azrul.

Ada beberapa poin perubahan yang harus dilakukan untuk mengakomodir laga-laga yang tertunda. Salah satunya adalah penambahan hari pelaksanaan Seri VI Surabaya.Seri yang semula diselenggarakan sembilan hari dan dimulai pada hari Sabtu itu (10 hingga 18 Mei) akan dimajukan sehari. Jadi, Seri Surabaya akan berlangsung selama sepuluh hari, mulai Jumat (9/5) hingga Minggu (18/5).

Tiga dari lima game NBL yang tertunda di Seri Bandung akan dimainkan pada hari Jumat (9/5) di Seri Surabaya. Yakni, Hangtuah Sumsel IM vs Bimasakti Nikko Steel Malang, JNE BSC Bandung Utama vs Satria Muda BritAMa Jakarta, serta NSH GMC Jakarta vs Stadium Jakarta. Sedangkan game Pacific Caesar Surabaya versus Satya Wacana Metro LBC Bandung dan CLS Knights Surabaya vs Garuda Kukar Bandung akan disisipkan pada Seri V Jakarta yang tetap berlangsung pada 19-27 April mendatang.

Sementara itu, dua laga WNBL yang tertunda dari Seri III Bandung akan disusulkan pada Seri V Surabaya yang berlangsung 13-18 Mei mendatang. Dua laga delay itu adalah Sritex Dragons Enduro Solo vs Surabaya Fever dan Rajawali Bandung vs Tomang Sakti Mighty Bees Jakarta.

Revisi jadwal ini akan memunculkan dampak yang tak bisa dihindarkan pada dua seri mendatang. Beberapa tim (baik NBL maupun WNBL) harus menjalani tiga game beruntun. Dampak lain adalah memaksa beberapa tim NBL harus berlaga sampai tujuh kali dalam satu seri. Padahal, biasanya satu tim bertanding lima hingga enam kali dalam satu seri.

Penyelenggara juga akan memajukan jam pertandingan menjadi lebih pagi. Beberapa pertandingan WNBL Indonesia ada yang dimulai pukul 08.00. Sedangkan NBL Indonesia akan ada yang mulai tipoff pada pukul 11.00. Biasanya jadwal NBL Indonesia paling awal adalah pukul 12.00. Hal ini sudah dikomunikasikan kepada semua klub NBL dan WNBL.(Fat/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Buffon Pasti Starter di Piala Dunia


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler