Dana BOSDA Segera Cair

Jumat, 12 Oktober 2012 – 09:54 WIB
MATARAM-Dana Bantuan Operasional Sekolah Daerah (BOSDA) segera dicairkan. Bahkan Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Mataram H Ruslan effendy memastikan, dana itu sudah cair minggu depan.

BOSDA merupakan program yang baru kali pertama diterima Kota Mataram. Total anggaran yang digelontorkan untuk program ini sebesar Rp 3,1 miliar.  ‘’Penerima dana BOSDA adalah SMA/SMK yang memiliki siswa kurang mampu, ’’ kata Ruslan usai menghadiri apel deklarasi damai antitawuran dan narkoba di halaman Kantor Wali Kota Mataram, Kamis (11/10).

Dijelaskan, kriteria tidak mampu adalah siswa yang memiliki kartu jamkesmas dan jamkesda. ‘’Untuk siswa kurang mampu yang tidak memiliki kartu jamkesmas dan jamkesda, akan kita pertimbangkan,’’ lanjutnya.

Terkait penggunaan dana ini, ia mengingatkan pihak sekolah agar bersikap transparan. ‘’Setiap ada kegiatan, harus memasang bentuk penggunaan dananya,’’ tandasnya.

Sedangkan untuk Bantuan Siswa Miskin (BSM), Ruslan menjelaskan, dana tersebut sudah dimasukkan ke rekening sekolah. ‘’Dana BSM itu sudah ada yang masuk ke rekening sekolah. Selanjutnya, sekolah menyalurkan kepada siswa kurang mampu,’’ lanjutnya.

Sementara itu, Ketua Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Kota Mataram, Rino Rinaldi menyebut, pemberian dana BOSDA dan BSM bagi siswa kurang mampu sebagai salah satu bentuk kepedulian pemerintah kota terhadap pendidikan. ‘’Bantuan itu bisa membantu pengembangan pendidikan khususnya yang kurang mampu agar dapat menikmati pendidikan yang layak,’’ kata Rino.

Rino menambahkan, program BOSDA dinilai sangat membantu operasional yang diperlukan sekolah di Kota Mataram. ‘’Ini sebagai bukti bahwa Pemkot memang peduli terhadap peningkatan layanan pendidikan,’’ katanya. (cr-tnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Pengiriman Soal UN Diawasi Ketat

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler