Dana Kampanye Gerindra Terbesar, PKPI Terkecil

Minggu, 02 Maret 2014 – 22:34 WIB

jpnn.com - JAKARTA – Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ferry Kurnia Rizkiyansyah mengatakan, 12 partai politik peserta pemilu nasional telah menyerahkan laporan awal dana kampanye yang akan digunakan pada pemilu legislatif 9 April 2012. Dari laporan itu diketahui bahwa dana kampanye Gerindra tercatat paling besar, sedangkan PKPI bisa dibilang paling minim.

“Hari ini parpol seluruhnya telah menyerahkan laporan awal dana kampanye. Di dalamnya dijelaskan juga penerimaan sumbangan periode kedua dan rekening khusus dana kampanye,” ujarnya di Jakarta, Minggu (2/3).

BACA JUGA: Hayono Isman Sepakat Dengan Pemikiran Dahlan Iskan

Menurut Ferry, laporan awal dana kampanye dari parpol-parpol mulai diserahkan ke KPU sejak Jumat (28/2) lalu, dimulai oleh PDI Perjuangan dan Partai Bulan Bintang. Kemudian pada Sabtu (1/3) menyusul Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Nasdem.

Sementara Minggu (2/3) ada enam partai lainnya datang menyerahkan laporan, yakni  Partai Gerindra, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Amanat Nasional (PAN), Golkar, Hanura dan Partai Demokrat.

BACA JUGA: KPK Surati Jero Wacik Agar Tegas ke Perusahaan Pertambangan

Dari laporan ke KPU itu bisa disusun peringkat parpol berdasarkan jumlah dana awal kampanye. Gerindra tercatat memiliki dana kampanye terbesar, yakni Rp 306 miliar. Di posisi kedua ada  Partai Demokrat dengan Rp 268 miliar.

Selanjutnya PDIP di posisi ketiga dengan dana kampanye sebesar Rp 220 miliar. Kemudian ada Golkar di urutan keempat dengan dana kampanye Rp 174 miliar. Sedangkan PAN di urutan kelima dengan dana kampanye Rp 170 miliar.

BACA JUGA: Pasca-operasi, Hafidz Masih Butuh Donasi Ratusan Juta

Sedangkan Hanura yang tengah jor-joran iklan di televisi, melaporkan dana kampanyenya sebesar Rp 140 miliar. Kemudian secara berurutan adalah Partai NasDem (Rp 97 miliar), PKS (Rp 82 miliar), PKB (Rp 69 miliar), PBB (Rp 47,6 miliar) dan terakhir PKPI (Rp 29 miliar).

Jumlah dana kampanye seluruh parpol yang dilaporkan merupakan total dari laporan penerimaan tahap pertama 27 Desember 2013 lalu, ditambah laporan penerimaan Maret 2014. Jumlah ini kemungkinan masih akan terus bertambah, karena sejumlah parpol mengaku ada beberapa caleg belum menyerahkan laporan penggunaan dana kampanyenya.(gir/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... SBY: Peserta Konvesi Pemberani


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler