Dana Otsus Tingkatkan Pendidikan di Papua

Jumat, 06 November 2020 – 19:37 WIB
Direktur Institute Kalaway Muda Nanny Uswanas dalam webinar 'Manfaat Otsus Bagi Pendidikan dan Pengembangan Pemuda Papua', Jumat (6/11). Foto: Dokumen Pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Institute Kalaway Muda Nanny Uswanas mengatakan, pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) bidang pendidikan di Papua dan Papua Barat mengalami peningkatan.

Adanya peningkatan SDM bidang pendidikan, katanya, tak lain karena dampak dari dana otonomi khusus (Otsus) yang diberikan Pemerinta Pusat.

BACA JUGA: Dana Otsus Papua Efektif Redam Gejolak Bila untuk Hal Ini

"Sejauh ini dampak Otsus terhadap Tanah Papua di sektor pendidikan sudah banyak teman-teman Papua menjadi sarjana dan lainnya, mereka dapat beasiswa dari Otsus Pemerintah Pusat," kata Nanny Uswanas, saat diskusi webinar Manfaat Otsus Bagi Pendidikan dan Pengembangan Pemuda Papua, Jumat (6/11).

Bahkan kata dia, teman-teman Papua sudah banyak yang keluar dari zona nyaman karena perkembangan zaman yang tidak terpaku menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

BACA JUGA: Terungkap Kerangka Manusia dalam Karung di Bogor, Oh Ternyata

Mereka juga banyak yang menjadi wirausaha, entrepreneur, dan lainya.

"Teman-teman sudah banyak keluar dari zona nyaman. Mereka sudah banyak yang menjadi entrepenuer, Komika, Youtuber, dan lainnya. Ini dampak kebijakan dari Otsus yang sudah terlihat," kata dia.

BACA JUGA: Dua Pria Berulah, Terekam CCTV, Viral, Waspada

Belum lagi kata dia, sudah banyak anak asli Papua yang memiliki talenta yang baik. Jadi, kata dia, pendidikan di Papua sudah berkembang dan mengubah mindset kaum muda anak Papua.

"Jadi sudah banyak dampak pendidikan dan mengubah mindset kaum muda anak Papua," katanya.

Sementara itu, Tokoh Pemuda Papua Ali Kabiay menilai dana Otsus dari Pemerintah Pusat untuk Papua selama ini berhasil. Otsus selama ini berjalan baik dan membangun SDM Papua di bidang pendidikan.

"Otsus Papua tidak gagal," ucap Ali.

Meski begitu, Ali mengatakan dana Otsus harus disalurkan dengan baik dan tepat sasaran bagi generasi penerus anak-anak Papua.

Sebab, Otsus ini dikelola oleh Pemerintah Provinsi Papua. Sebab itu untuk dana Otsus ini dimanfaatkan dengan baik harus ada evaluasi.

"Harus ada evaluasi, kenapa? Supaya mengetahui kelemahan dan kelebihan di bidang pendidikan khususnya. Jadi jangan salahkan pemerintah pusat dengan dana otonomi khususnya," papar Ali.

Ali juga menilai faktor keamanan daerah penting juga untuk membangun pendidikan dan SDM berkualitas di Papua. (rhs/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler