Danau Sunter Mulai Menyempit

Sabtu, 12 Januari 2013 – 11:11 WIB
KONDISI Danau Sunter di Jalan Danau Sunter Selatan, Tanjung Priok, Jakarta Utara (Jakut), tampak mengalami penyempitan. Hal itu menyusul adanya endapan lumpur, maupun sampah di pinggir danau. Tidak hanya itu, cerucut dari bambu yang dipasang di pinggir danau juga ikut membuat penyempitan. Pasalnya daratan menjadi bertambah.
 
Warga berharap danau yang menjadi kantung air itu dinormalisasi atau dikeruk lumpurnya. "Danau Sunter memang harus dikeruk, biar tidak mengalami pendangkalan. Atau endapan lumpur," ungkap Ketua RW 01 Sunter Jaya Tanjung Priok Suwito, saat ditemui usai kerja bakti, Jumat (11/1).

Selain itu, kata dia, Danau Sunter juga bisa dipercantik dengan dibuat jalan setapak ataupun pengaman di pinggirnya. "Danau Sunter selain jadi kantung air, juga menjadi tempat wisata," jelas Suwito.

Saat ini terdapat dua danau di sepanjang jalan Danau Sunter Selatan. Adapun danau yang perlu dikeruk berada di dekat RW 01 Sunter Jaya.

Di sana,  warga memanfaatkan danau untuk rekreasi. Danau juga sering dimanfaatkan untuk bermain jet ski serta memancing. Bahkan, sejumlah pedagang makanan juga mudah ditemui.

"Kalau habis kerja atau istirahat, enak menikmati pemandangan  ke danau sambil istirahat. Di sini, warga juga banyak yang datang untuk melepas lelah," ujar Andi, warga Jakut yang sering menghabiskan waktu santai di Danau Sunter.(dai)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bocah SD Diserempet KRL

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler