Dani Pedrosa Ukir Rekor Lap Tercepat

Kamis, 06 September 2012 – 08:48 WIB
ARAGON - Pembalap Repsol Honda asal Spanyol Dani Pedrosa mendapatkan modal bagus jelang Grand Prix San Marino di Sirkuit Misano 16 September mendatang. Performa motor Honda RC213V yang dikendarainya semakin mantap.
   
Pedrosa yang menenangi dua Grand Prix terakhir di Indianapolis dan Republik Ceko mencatat waktu terbaik 1 menit 47,983 detik pada sesi latihan di Sirkuit Motorland Aragon, Spanyol kemarin (5/9). Pada tes terakhir musim ini tersebut, Pedrosa melahap 35 lap.

Catatan waktu tersebut jauh labih tajam ketimbang rekor Aragon yakni 1 menit dan 49,046 detik. Juga lebih baik ketimbang rekor kualifikasi (1 menit, 48, 451 detik). Kedua catatan waktu tersebut diciptakan rekan setim Pedrosa yang sekarang sedang bergulat dengan cedera Casey Stoner, dengan motor Honda 800cc tahun lalu.

"Ini merupakan tes terakhir musim ini. Jadi sangat penting untuk mengambil manfaat untuk seri balapan selanjutnya," kata Pedrosa, 26 tahun seperti dilansir Autosport. 

Tes kemarin juga menjadi ajang unjuk ketangguhan antara Pedrosa dengan seteru utamanya dari tim Yamaha Factory Racing, Jorge Lorenzo. Pada tes tersebut, Pedrosa mengungguli Lorenzo dengan selisih waktu 0.488 detik.

Catatan ini sangat signifikan bagi Pedrosa. Sebab lomba di San Marino akan sangat krusial. Saat ini, Pedrosa hanya tertinggal 13 poin dari Lorenzo yang memuncaki klasmen sementara. 
   
"Pada sesi pagi hari kami mencoba kembali ke ritme balapan dan mengingat bagaimana karateristik lintasan. Kemudian pada siang hari, kami mulai bekerja pada setingan motor," imbuh Pedrosa.

Sementara itu pada tes tersebut, Lorenzo juga akan menjajal sasis yang digunakan pada musim 2013 mendatang. Pekan lalu dalam tes di Brno, Republik Ceko, Lorenzo mengatakan sasis 2013 masih tidak pasti. Namun dia akan tetap melakukan pengujian dengan serius. Begitu juga dengan uji coba mesin baru M1 Rabu.  

"Kami memang akan mencoba sasis baru. Namun tidak ada perbedaan besar dengan yang lama," ucapnya. "Dengan 1.000 cc kami bisa mengalahkan rekor lap 800 cc pada lintasan lurus. Kami juga bisa lebih cepat di tikungan," imbuhnya.

Saat ini, MotoGp tinggal menyiskan enam seri. Persaingan antara Lorenzo dan Pedrosa untuk merebut gelar juara dipastikan akan tetap berlangsung dengan sengit hingga akhir. (nur)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Curhat Gubernur Riau di Komisi X DPR

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler