Danone-Aqua Panen Anugerah Proper Emas dan Hijau

Kamis, 09 Januari 2020 – 02:49 WIB
Plant Manager Pabrik Aqua Klaten I Ketut Muwaranata menerima PROPER EMAS dari Wakil Presiden Ma’ruf Amin disaksikan Menteri KLH Siti Nurbaya. Foto: Danone

jpnn.com, JAKARTA - Dua pabrik Danone-Aqua kembali menerima dua Anugerah Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan (PROPER) kategori Emas dari Kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan (KLHK).

Penghargaan diraih oleh pabrik Aqua Mambal dan Klaten. Anugerah Proper Emas tersebut diserahkan oleh Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin kepada perwakilan Pabrik Aqua Mambal Bali dan Klaten di Istana Wapres RI Jakarta pada 8 Januari 2020.

BACA JUGA: Danone-Aqua Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir Jabodetabek

Selain itu, delapan pabrik Aqua lainnya menerima Anugerah Proper Hijau yang diserahkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Siti Nurbaya Bakar.

Penghargaan diberikan kepada perwakilan pabrik Aqua Mekarsari, Babakanpari, Subang, Cianjur, Ciherang, Wonosobo, Pandaan, dan Airmadidi.

BACA JUGA: Danone Indonesia Dukung Total Pemberdayaan Perempuan

Proper merupakan upaya pemerintah untuk mendorong perusahaan-perusahaan di Indonesia untuk memiliki ketaatan dalam pengelolaan lingkungan hidup.

Penghargaan ini diberikan oleh KLHK dengan mengukur kinerja keberlanjutan perusahaan melalui berbagai inisiatif yang telah dilakukan. 

Peringkat kinerja Proper dibedakan menjadi lima warna yaitu Emas, Hijau, Biru, Merah dan Hitam. 

Untuk aspek ketaatan minimal adalah Biru, Merah dan Hitam.  Sementara itu, kriteria penilaian aspek yang masuk kategori lebih dari yang dipersyaratkan (beyond compliance) adalah Hijau dan Emas. Untuk periode 2018-2019 tercatat sebanyak 2050 perusahaan dari berbagai  sektor industri mengikuti proses penilaian.

Penerima anugerah Proper Emas sebanyak total 26 perusahaan, termasuk Pabrik Aqua Klaten dan Mambal.

Penerima Anugerah Proper Biru untuk periode ini tercatat sebanyak 200 perusahaan dari seluruh Indonesia. 

Setiap tahun sejak 2011, pabrik-pabrik di Aqua yang dinominasikan oleh Dinas Lingkungan Hidup setempat telah menjalani serangkaian proses penilaian untuk memastikan ketaatan terhadap peraturan pengelolaan lingkungan hidup.

Proses tersebut sekaligus mengukur kinerja inisiatif keberlanjutan yang sudah diimplementasikan perusahaan baik secara internal maupun eksternal.

Direktur Water Resources Nature and Process Technology (WRNPT) Danone-Aqua Muhammad Azwar menjelaskan, penilaian Proper diukur dari berbagai hal.

Di antaranya adalah penerapan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan dalam proses produksi dan jasa, penerapan sistem manajemen lingkungan, dan 3R (reduce, reuse, recycle).

Pengkuran juga meliputi aspek efisiensi energi, konservasi sumber daya dan pelaksanaan bisnis yang beretika serta bertanggung jawab terhadap masyarakat melalui program pengembangan masyarakat.

“Hal tersebut selaras dengan Visi Danone yaitu One Planet One Health. Kami percaya bahwa kesehatan planet kita memiliki keterkaitan erat dengan kesehatan masyarakat,” jelas Azwar.

Dia mencontohkan pabrik Aqua Klaten mengembangkan Pusur Institute sebagai kelembagaan pengelola lingkungan yang terintegrasi untuk Sub Daerah Aliran Sungai Pusur.

Lembaga ini melibatkan berbagai pemangku kepentingan untuk menjaga Sungai Pusur Lestari.

Program yang dikembangkan mulai dari konservasi di hulu, pengelolaan sampah di hilir, pengembangan wisata River Tubing Pusur Adventure, hingga pertanian ramah lingkungan.

“Integrasi dan sinergi yang terbentuk di Pusur Institute menjadi salah satu perwujudan partisipasi dan kontribusi keberlanjutan perusahaan sebagai bagian dari warga perusahaan di Klaten,” tambah Azwar.

Saat ini Danone-Aqua telah berhasil melakukan berbagai upaya konservasi dengan menanam lebih dari 2,5 juta pohon, membangun lebih dari 1.300 sumur resapan, membangun lebih dari 57.000 biopori, serta membangun fasilitas panen hujan.

Selain itu, Danone-Aqua juga mengembangkan program pengurangan jejak karbon dengan mendorong penggunaan energi terbarukan dan berhasil mengurangi jejak karbon sebesar 2.399 ton CO2 dan melakukan efisiensi energi sebesar 22.920 Giga Joule (GJ).  (jos/jpnn)


Redaktur & Reporter : Ragil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Danone Aqua   Danone   Aqua   Proper  

Terpopuler