Danone-Aqua Terapkan Kebijakan Kesehatan dan Keamanan Ketat

Rabu, 25 Maret 2020 – 20:10 WIB
Ilustrasi Aqua. Foto: Danone Indonesia

jpnn.com, JAKARTA - Danone-Aqua mengambil kebijakan untuk  melindungi kesehatan dan keamanan karyawan serta konsumen melalui jaminan kualitas dan ketersediaan produknya di tengah wabah virus corona.

Perusahaan terus berupaya agar di tengah pandemi covid-19, produk Aqua tetap mampu memenuhi kebutuhan hidrasi sehat yang dibutuhkan masyarakat Indonesia.

BACA JUGA: Bantu Atasi Virus Corona, Danone Indonesia Sumbang Rp 15 Miliar

Vice President Corporate Secretary Danone Indonesia Vera Galuh Sugijanto menjelaskan, sejak 17 Maret 2020, Danone-Aqua telah menerapkan kebijakan kerja dari rumah bagi seluruh karyawan yang bekerja di kantor pusat.

Dia menambahkan, pembatasan dan larangan bepergian, baik domestik maupun internasional, juga telah diberlakukan untuk seluruh karyawan tanpa terkecuali.

BACA JUGA: Danone Indonesia Ajak Generasi Muda Terlibat Aktif Mencapai Target SDGs

“Upaya ini sejalan dengan langkah-langkah perlindungan yang disampaikan oleh pemerintah Indonesia dan World Health Organization untuk melakukan pembatasan jarak sosial dengan orang lain setidaknya 2 meter,” kata Vera, Rabu (25/3).

Vera menambahkan, sebagian karyawan yang berada di garda terdepan pemenuhan kebutuhan dasar konsumen tetap menjalankan tugasnya demi memenuhi kebutuhan harian masyarakat akan air mineral. Di antaranya adalah karyawan pabrik dan 8.000 petugas Aqua Home Service.

Dia pun menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada mereka yang bekerja dari hati, tetap semangat di area produksi dan operasi demi memastikan seluruh keluarga Indonesia dapat mengonsumsi cukup air setiap hari di rumah.

Vera menjelaskan, bagi mereka yang masih menjalankan tugas, perusahaan telah mengambil berbagai tindakan pencegahan dan langkah-langkah yang diperlukan untuk memastikan kesehatan dan keamanan karyawan tetap terlindungi selama bekerja.

“Salah satunya dengan menerapkan standar keamanan dan kebersihan yang lebih tinggi,” ujar Vera.

Dalam rangka memastikan area pabrik tetap bersih dan aman, Danone-Aqua memperketat peraturan memasuki area pabrik agar dapat mencegah potensi kontaminasi.

Beberapa aturan itu di antaranya adalah dengan tidak mengizinkan kunjungan tamu, memastikan hanya karyawan dan kontraktor yang dapat memasuki area pabrik, menerapkan pengukuran suhu tubuh, dan merekam catatan perjalanan.

Untuk mendukung jarak aman interaksi, pabrik juga memberlakukan karantina diri sendiri ketika dibutuhkan.

Selain itu, perusahaan mengharuskan masing-masing karyawan berada dalam jarak dua meter antara satu sama lain dan memastikan ketersediaan perangkat untuk menjaga lingkungan kerja tetap higienis.

Selain itu, perusahaan telah melakukan penyemprotan disinfektan gedung kantor Danone, baik di kantor pusat, pabrik maupun depo.

Tim Aqua Home Service yang bertugas mengantarkan kebutuhan air mineral kepada seluruh keluarga Indonesia dari pintu ke pintu dibekali dengan pengetahuan untuk menjaga produk tetap higienis.

Mereka juga terus diimbau untuk memastikan kebersihan serta kesehatan diri. Semua galon Aqua juga secara sistematis dibersihkan dan disanitasi dengan suhu tinggi, sehingga keamanan produk tetap terjamin.

Vera menambahkan, dalam setiap produk, pihaknya menerapkan standar keamanan dan kontrol kualitas yang tinggi di seluruh rantai produksi.

“Mulai dari pasokan bahan baku dan kemasan, hingga pengiriman. Hal ini kami lakukan untuk membantu melindungi kesehatan dan keamanan petugas serta konsumen,” kata Vera. (jos/jpnn)


Redaktur & Reporter : Ragil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler