Dapat Laba Rp 1,1 Triliun, PAM Jaya Bakal Rekrut 2.500 Karyawan Kompeten

Rabu, 15 Mei 2024 – 10:08 WIB
Perumda PAM Jaya kembali menggelar Management Trainee (MT) batch II dengan tema “PAMANAH Future Leader” di Jakarta International Velodrome pada Selasa (14/5). Foto: Dokumentasi PAM Jaya

jpnn.com, JAKARTA - Perumda PAM Jaya kembali menggelar Management Trainee (MT) batch II dengan tema “PAMANAH Future Leader” untuk merekrut ribuan karyawan yang amanah.

Perekrutan dilakukan setelah Perumda PAM Jaya mencetak laba hingga Rp 1,1 triliun dan memiliki aset senilai Rp 5,3 triliun pada 2023.

BACA JUGA: Kebocoran Capai 45 Persen, PAM Jaya Bakal Ganti Pipa Bocor di Enam Wilayah

PAMANAH Future Leader merupakan program pelatihan manajemen bertujuan untuk mendapatkan kandidat tepat berkualitas tinggi serta memiliki potensi untuk menempati posisi leader dari eksternal perusahaan.

Kepala Badan Pengelola BUMD DKI Jakarta Nasruddin Djoko Surjono mengingatkan pada calon karyawan bahwa perekrutan itu bukan sekadar melamar perusahaan biasa.

BACA JUGA: Awasi Proyek SPAM, PAM Jaya Gandeng Fakultas Teknik Mesin ITB

"Ini ada unsur pelayanan kepada masyarakat. Adik-adik akan dididik dan bekerja untuk melayani masyarakat Daerah Khusus Jakarta,” ujar Nasruddin di Jakarta International Velodrome, Selasa (14/5).

Untuk itu, kata dia, karyawan PAM Jaya memiliki tanggung jawab besar untuk melayani air perpipaan masyarakat Jakarta.

BACA JUGA: Anak Bunuh Ibu, Pelaku Sempat Bilang Begini kepada Tetangga, Berikan Rp 330 Ribu

Peserta PAMANAH Future Leader juga harus memiliki integritas yang baik agar bisa lolos menjadi karyawan PAM Jaya.

"Ini kemarin sudah 100, saya rasa yang sekarang 200 orang. Kebutuhannya untuk memenuhi rencana pembangunan yang dilakukan PAM Jaya dari 2023-2030 di mana cakupan layanan dari 67 persen ditargetkan naik hingga 100 persen pada 2030,” jelasnya.

Hal itu membutuhkan pembangunan yang cukup masif dari PAM Jaya dan ini tidak hanya infrastruktur yang kita butuhkan, tapi juga Sumber Daya Manusia yang juga harus diperkuat.

“Sehingga MT ini diperlukan," kata dia.

Sementara itu, Direktur Utama Perumda PAM Jaya Arief Nasrudin menegaskan perusahaannya akan memerlukan 2.500 pegawai kompeten di berbagai proses bisnis untuk mencapai target 2 juta sambungan pada 2030.

Saat ini PAM Jaya memiliki 1.580 pegawai per April 2024 dan ada yang memasuki masa pensiun hingga 90 orang setiap tahunnya.

"PAM Jaya perlu untuk mengambil langkah strategis sejak sekarang dalam memastikan ketersediaan pegawai di tahun 2030,” ujar Arief.

Menurut dia, PAM Jaya menargetkan 100 persen cakupan layanan air minum perpipaan di DKI Jakarta dengan 2 juta pelanggan pada tahun 2030.

Berdasarkan data akhir Desember 2023, cakupan layanan adalah sekitar 67 persen dengan 930 ribu pelanggan.

“PAM Jaya harus memastikan ketersediaan sumber daya manusia berkualitas dengan memiliki kompetensi yang siap mencapai target bisnis yang telah ditentukan untuk memenuhi target cakupan layanan,” tambahnya. (mcr4/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Wanita Dibunuh, Mayat Korban Dimasukkan Koper, Identitas Terungkap


Redaktur : Rah Mahatma Sakti
Reporter : Ryana Aryadita Umasugi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
PAM Jaya   Perumda   Air Bersih   Bumd  

Terpopuler