Dari Pabrik Merebut Ruang Publik, GBB Buat Tarian Massal Buruh di CFD Slawi Tegal

Senin, 05 Juni 2023 – 14:25 WIB

jpnn.com - TEGAL - Sukarelawan Ganjar Pranowo yang tergabung dalam Ganjaran Buruh Berjuang (GBB) mewarnai jalannya Car Free Day (CFD) di Alun-Alun Hanggawana, Slawi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, dengan melakukan serangkaian kegiatan pada Minggu (4/6).

Agenda bertajuk "Minggu Gembira Ganjaran" itu bertujuan  mengonsolidasikan dukungan Ganjar Pranowo sebagai presiden 2024.

BACA JUGA: Ganjar Ada di Posisi Teratas dalam Jajak Pendapat Forum Alumni Muda

Ratusan buruh dari Federasi Serikat Buruh Garment Kerajinan Tekstil Kulit dan Sentra Industri Serikat Buruh Seluruh Indonesia (FSB Garteks KSBSI), Serikat Pekerja Nasional (SPN), dan Serikat Pekerja Mandiri (SPM) turut ambil bagian dalam aksi tersebut.

Ketua Umum GBB Lukman Hakim mengatakan bahwa GBB melalui ruang-ruang publik ingin memperluas suara dukungan untuk Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024 mendatang.

BACA JUGA: Ganjar Pranowo Eksekusi Potensi Sumber Daya Alam di Jateng

GBB membuka warung ganjaran yang berisi puluhan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), video booth 360, dan signature wall (dinding tanda tangan). 

"Kami menyediakan Signature Wall bagi kaum buruh maupun masyarakat umum untuk membubuhkan tanda-tangan sebagai bentuk dukungan pada Ganjar Pranowo," kata Lukman dikutip dari keterangan tertulis yang diterima.

BACA JUGA: Gelar Rakernas di HUT Bung Karno, PDIP Bahas Kemiskinan dan Visi Misi untuk Ganjar

GBB bersama ratusan buruh dan masyarakat umum juga melakukan tarian massal “Ngancak Balo” diiringi musik kesenian daerah Tegal, “Balo-Balo” di penghujung acara.

Lukman berharap kegiatan yang melibatkan tiga serikat buruh/serikat pekerja (SB/SP) ini mampu menjangkau puluhan ribu buruh yang ada di perusahaan-perusahaan di Tegal.

Sekretaris Jenderal GBB Kelik Ismunanto mengatakan setelah kegiatan ini pihaknya akan menindaklanjuti dukungan dengan konsolidasi ke setiap perusahaan.

Tujuannya ialah membentuk struktur pemenangan Ganjar Pranowo berbasis perusahaan, serta menjaring suara kaum buruh.

"Sebagai sukarelawan sektoral buruh, fokus GBB untuk memenangkan Pak Ganjar adalah pembentukan struktur berbasis perusahaan," ungkap Kelik.

Ketua Dewan Pembina GBB Ferry Indrianto menambahkan kegiatan Minggu Gembira Ganjaran ini merupakan wadah bagi para buruh untuk tampil, berani berekspresi di ruang publik dan memilih pemimpin yang peduli terhadap nasib kaum buruh.

"Saatnya kaum buruh mulai keluar dari pabrik dan merebut ruang publik untuk memenangkan Pak Ganjar Pranowo," kata Ferry. 

Sementara, Sekretaris DPC GBB Tegal Raya M Rikhni Yusron menyatakan kesiapan kaum buruh di Tegal Raya untuk memenangkan Ganjar Pranowo.

"Tegal punya banyak basis industri, dan itu akan menjadi target konsolidasi kami untuk memenangkan Ganjar Pranowo," ucap Yusron.

Arifah Tri Adinda (21), salah satu warga yang ikut dalam Minggu Gembira Ganjaran, mengaku senang dengan bentuk kegiatan GBB yang kreatif dan melibatkan orang banyak.

"Kegiatan politik yang kreatif seperti ini yang seharusnya diperbanyak, karena menarik minat publik seperti saya," kata Arifah. (boy/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler