Debat Kedua Pilkada Kaltara Bakal Digelar di Jakarta

Kamis, 10 Oktober 2024 – 16:11 WIB
Tiga paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltara yakni nomor urut satu Sulaiman - Adri Patton, nomor urut dua Zainal Arifin Paliwang - Ingkong Ala dan nomor urut tiga Yansen TP - Suratno pada debat pertama di Tarakan Art & Convention Center (TACC) di Tarakan, Rabu malam (9/10). (ANTARA/Susylo Asmalyah) (Kaltara).

jpnn.com - TARAKAN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan debat Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Utara 2024 berlangsung tiga kali.

Debat pertama sukses digelar di Tarakan Art & Convention Center, Rabu (9/10) malam.

BACA JUGA: Berikut Jadwalnya, Debat Pilkada Pasaman Barat Digelar Dua Kali

Debat kedua rencananya akan digelar di Jakarta pada 20 Oktober.

Kemudian debat ketiga ketiga di Tanjung Selor, Bulungan, 6 November.

BACA JUGA: Sebegini Jumlahnya, KPU Masih Tunggu Surat Suara Pilkada Tapsel

"Tema pada debat pertama menyangkut hukum, pemerintahan, pelayanan publik, tata kelola pemerintahan, dan penanggulangan narkoba," ujar Ketua KPU Kaltara Hariyadi Hamid di Tarakan.

Tiga pasangan calon kepala daerah yang maju diberi kesempatan yang sama untuk menyampaikan visi mereka terkait tema yang dimaksud.

BACA JUGA: KPU Gorontalo Pilih Sentuhan Kekinian untuk Didik Pemilih Pemula

Ketiganya yakni pasangan nomor urut 1 Sulaiman-Adri Patton, nomor urut 2 Zainal Arifin Paliwang-Ingkong Ala dan nomor urut 3 Yansen TP-Suratno.

Adapun para panelis pada debat paslon Gubernur - wakil gubernur Kaltara yakni Dr. Arie Sujito dan Dr. Mada Sukmajati dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

Dr. Agus Riwanto dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Edy Ariansyah sebagai profesional.

Kemudian, dua orang dari Universitas Borneo Tarakan (UBT) yakni Dr. Ilham Agang dan Dr. Nur Asikin.

Suasana di luar gedung TACC sangat ramai karena para pendukung ketiga pasangan calon meneriakkan yel yel yel dari andalan ketiganya.

Proses sterilisasi dipantau langsung oleh Wakapolda Kaltara, Brigjen Pol Golkar Pangarso Rahardjo Winarsadi. Pengamanan juga akan diperketat saat jalannya prosesi debat kandidat.

Menurutnya debat tersebut nantinya akan menjadi momentum penting bagi paslon untuk menyampaikan visi, misi, dan program kerja mereka kepada masyarakat sebagai calon pemilihnya. (Antara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... AKBP Asep Sujarwadi Tinjau Gudang Logistik KPUD Siak Menjelang Pilkada 2024


Redaktur & Reporter : Kennorton Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler