Debut Sejarah Tiongkok Asli

Jumat, 07 September 2012 – 15:01 WIB
Pebalap China, Ma Qing Hua. Foto: Getty Images
SESI pertama babak latihan Grand Prix Italia hari ini (7/9) akan menjadi momen bersejarah bagi dunia balap Asia. Ma Qing Hua, pembalap asal Tiongkok, akan turun satu sesi, mengendarai mobil HRT-Cosworth yang biasa dipakai Narain Karthikeyan.
   
Ma Qing Hua, kelahiran 25 Desember 1987, akan menjadi pembalap asli Tiongkok pertama yang turun di sesi resmi sebuah grand prix Formula 1.
   
Beberapa tahun lalu, sebenarnya sudah ada pembalap keturunan Tionghoa yang mengendarai mobil F1. Dia adalah Ho-Pin Tung, yang pernah jadi test driver BMW-Sauber. Namun, dia lahir di Belanda, warga negara Belanda. Hanya memakai lisensi balap Tiongkok.
   
Ma Qing Hua sebelum ini punya pengalaman F3000 Italia dan A1 Grand Prix. Bulan Mei lalu, dia ikut young driver test F1 di Silverstone, Inggris.
   
"(Kesempatan di Italia) ini merupakan langkah sangat penting untuk merealisasikan mimpi saya menjadi pembalap F1. Ini adalah kali kedua saya mengendarai mobil, setelah uji coba di Silverstone, dan saya tak sabar menjajal Sirkuit Monza," ucapnya.
   
Bagi Ma Qing Hua, kesempatan ini merupakan cara untuk menambah jam terbang. Bagi HRT, tim terburuk di F1, ini tentu kesempatan untuk mencuri perhatian dunia, yang siapa tahu bisa memancing minat sponsor dari Asia. (aza)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Gerrard: Ada Mukjizat, Inggris Juara Piala Dunia

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler