Dedi Bikin Geger, Penumpang Berhamburan, KM Prince Soya Nyaris Terbakar

Senin, 07 Februari 2022 – 12:20 WIB
Dedi (40), pembakar kabel di dalam KM Prince Soya di Pelabuhan Samarinda saat diamankan polisi, Minggu (6/2/2022) . Foto : Relawan Samarinda

jpnn.com, SAMARINDA - Ulah seorang warga bernama Dedi (40) bikin geger penumpang Kapal Motor (KM) Prince Soya di Pelabuhan Samarinda, Kalimantan Timur pada Minggu (6/2) siang.

Kehebohan terjadi setelah Dedi membakar kabel di dalam kapal yang hendak berlayar menuju Pare-pare, Sulawesi Selatan itu.

BACA JUGA: Aksi Bripka Oktavianus Bikin Bangga Polri, Irjen Iqbal: Saya Kasih Reward

Penumpang yang panik sempat berhamburan keluar kapal ketika melihat api sudah mulai membakar kabel.

Beruntung, api tidak sampai membesar. Petugas KM Prince Soya dengan sigap memadamkan apinya.

BACA JUGA: Innalillahi, Mustafa Meninggal Dunia, Anak Buah AKBP Andrianto Argamuda Bergerak

Setelah berhasil memadamkan api, petugas mengamankan Dedi dan menyerahkannya ke Polsek Kawasan Pelabuhan (KP) Samarinda.

Dari informasi yang dihimpun, pelaku Dedi kerap berkeliaran di sekitar pelabuhan Samarinda karena tidak memiliki tempat tinggal.

BACA JUGA: Kompol Anggi Siahaan Ditabrak Pengemudi Honda City, Pelaku Ternyata

Salah seorang penumpang kapal bernama Safruddin menyebut aksi pembakaran itu bermula ketika Dedi naik ke atas KM Prince Soya yang rencananya akan berangkat sekitar pukul 14.00 WITA.

"Saya tadi lagi di kamar. Saat saya keluar, melihat ada orang itu (Dedi, red) mengeluarkan korek dan membakar kabel kipas dinding dan kabel di dinding itu. Setelah itu, Dedi turun dari kapal," ungkapnya.

Melihat api membakar kapal, Safruddin segera melaporkannya ke petugas kapal dan diteruskan kepada polisi KP Samarinda. Sementara penumpang berhamburan.

"Dedi, tadi sudah kami amankan. Dia membuat gaduh di area pelabuhan khususnya di KM Prince Soya. Saat kami interogasi jawabannya kadang nyambung dan tidak. Omongannya kurang jelas," kata Kapolsekta KP Samarinda, Kompol Angga Indarta.

Diduga, Dedi merupakan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ). Oleh karena itu, polisi berkoordinasi dengan Dinas Sosial Kota Samarinda, untuk menindaklanjuti dugaan tersebut.

"Untuk memastikannya, Dedi kami serahkan ke Dinas Sosial, kemudian dibawa ke RS Atma Husada untuk dilakukan observasi, memastikan kondisi kejiwaannya," ujar Kompol Angga.

BACA JUGA: 11 ABK Kapal Hong Kong di Kaltim Positif Covid-19 Varian Omicron dan Delta

Sementara itu, KM Prince Soya setelah kejadian itu melanjutkan pelayaran menuju Pare-Pare, Sulawesi Selatan. (mcr14/fat/jpnn)


Redaktur : M. Fathra Nazrul Islam
Reporter : Arditya Abdul Aziz

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler