Deklarasi Ganjar-Heru, Dihadiri 50.000 Ribu Kader

Minggu, 14 April 2013 – 08:03 WIB
SOLO - Suasana  Kota Solo pada Minggu pagi ini (14/4) tentu akan berbeda dengan hari Minggu biasanya. Acara car free day (CFD) di kawasan Stadion Manahan, yang menjadi agenda setiap Minggu pagi akan ditiadakan.

Meski CFD diliburkan, namun dipastikan kawasan Stadion Manahan akan tetap banjir orang. Bahkan, jumlahnya akan jauh lebih banyak.

Mereka itu bukanlah suporter sepak bola yang akan menyaksikan pertandingan. Namun mereka adalah para kader PDIP, relawan dan simpatisan yang akan mengikuti apel siaga dan deklarasi pasangan calon gubernur-calon wakil gubernur yang di usung PDIP, yaitu Ganjar Pranowo dan Heru Sudjatmoko.

Sekreteris DPD PDIP Agusina Wilujeng didampingi Koordinator Tim Media Ganjar-Heru,  Budi SP mengatakan, deklarasi Ganjar-Heru akan didatangi hingga 50 ribu orang.

Mereka berasal dari para kader PDIP di seluruh penjuru Jawa Tengah dan juga relawan dan simpatisan pasangan calon Ganjar-Heru. Acara ini sebagai ajang konsolidasi dan koordinasi mesin partai guna memenangkan pasangan Ganjar-Heru di ajang Pilgub Jateng 2013 ini.

 “Sudah kita kalkulasi, nanti yang datang mencapai 50 ribu orang. Setiap DPC di 35 daerah di Jateng semua mengirim kader. Khusus DPC di karesidenan Solo Raya, akan memberangkatkan kader dengan jumlah jauh lebih banyak dari pada daerah lain,” kata Agustina Wilujeng kemarin.

Massa sebanyak 50 ribu orang itu, nantinya tidak semuanya duduk di tribun. Sebanyak 21 orang akan dibariskan di tengah lapangan untuk mejalani upacara apel siaga. Sisanya ditempatkan di tribun yang ada.

Agustina mengatakan, para kader yang akan menghadiri apel siaga dan deklarasi adalah merupakan kader yang berada di tiga pilar, yaitu pilar struktur kepengurusan partai baik di tingkat cabang dan anak cabang hingga provinsi, pilar kader di legislatif dan kader yang menduduki jabatan eksekutif.

Selain mereka juga relawan dan simpatisan  yang akan mendukung pasangan Ganjar-Heru. Karena memang yang menyatakan mendukung Ganjar-Heru juga sudah banyak yang berasal dari non PDIP.

“Untuk kader yang ada di legislatif dan kader yang menduduki jabatan eksekutif statusnya wajib datang. Jumlah kader kami yang duduk di sebagai anggota DPR RI ada 19 orang, di DPRD Jateng ada 23 orang dan di DPRD Kota/Kabupaten 393 orang. Kita juga memiliki 18 kader yang duduk sebagai kepala daerah atupun wakil kepala daerah,” katanya merinci.

Lebih dari itu, kata Agustina, semua pengurus DPP, juga akan hadir. Termasuk Ketua Umum Megawati Soekarno Putri, Sekjend Tjahyo Kumolo dan juga Ketua DPP DPP Puan Maharani.

"Pak Jokowi (Gubernur DIKI)  dan Pak Yusril Ihya’ Mahedra juga datang. Pak Yusril datang, karena PBB juga secara resmi ikut mendukung  pasangan yang kita usung,” tegasnya.

Dia memperkirakan, sejak pagi massa diperkirakan sudah mulai berdatangan.  Pukul 10.00 massa diharapkan sudah masuk stadion semua dengan menempatkan diri di posisinya masing-masing. Acara dimulai pukul 10.00 hingga pukul 13.00. Ketua Umum Megawati akan menggembleng mereka untuk memenangkan pasangan Ganjar-Heru.

Setidaknya ada tiga agenda utama pada deklarasi Ganjar-Heru, yaitu apel siaga oleh struktur partai untuk pemenangan pilgub yang akan diselenggarakan 26 Mei nanti, pemantapan dari Ketua Umum, dan deklarasi pasangan calon.

“Kita sengaja tidak hanya melakukan deklarasi saja, namun juga menggelar apel siaga. Karena acara ini sebagai persiapan kader dan relawan untuk bergerak dan bekerja mememangkan pasangan Ganjar-Heru di ajang Pilgub Jateng 2013 ini. Bu Mega nanti akan menggembleng kader untuk kemenangan Ganjr-Heru,” ucapnya sambil meminta maaf kepada seluruh masyarakat Jawa Tengah dan khususnya kota Solo jika ada yang merasa kurang nyaman akan adanya kegitan itu.

Acara yang akan disiarkan langsung oleh Metro TV pukul 11.00-12.00,  SCTV pukul 12.05, serta siaran tunda TV one malam hari itu, akan bertindak sebagai komandan upacara Bimo Putranto (wakil ketua DPD PDIP Jateng), inspektur upacara Puan Maharani dan pembaca deklarator Walikota Solo FX Rudiyatmo. Usai acara apel siaga dan deklarasi, Megawati akan memberikan pengarahan kepada uangan VIP secara tertutup.

Sementara itu, Calon Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan akan memberikan sambutan pada acara tersebut, namun dia hanya hanya akan berbica tiga menit. Waktu singkat itu akan dimanfaatkan Ganjar semaksimal mungkin untuk meyakinkan puluhan kader PDIP.

Karena pada acara tersebut, nantinya Ketua Umum Megawati yang akan akan berbicara panjang lebar di depan kader danstruktur partai di Jawa Tengah, untuk pemantapan pemenangan calon pada pemilihan gubernur (Pilgub) Jateng 2013.

"Saya akan lebih banyak melakukan sosialisasi dan konsolidasi di tengah kader,” kata Ganjar.

Menurut Ganjar, acara deklarasi merupakan konsolidasi besar untuk menghadapi pertaruhan partainya di Jawa Tengah. Dalam beberapa periode, PDIP selalu menang pilgub dan pemilu. (ars)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dewan Tunda Pengesahan RUU Ormas

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler