Delegasi Asing Sidang IPU Terpukau Kerajinan Bali

Rabu, 23 Maret 2022 – 19:50 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani saat berbicara di sidang umum Forum Parlemen Dunia atau Inter-Parlementary Union (IPU) ke-144 di Madrid, Spanyol, tahun lalu. Tahun ini, Indonesia menjadi tuan rumah sidang umum IPU ke-144 yang akan dipusatkan di Nusa Dua, Bali. Foto: Dokumentasi Humas DPR RI

jpnn.com, DENPASAR - Terpukau dengan kekayaan kebudayaan Indonesia, delegasidelegasi asing yang turut menghadiri sidang ke-144 IPU menghampiri produk kerajinan Bali.

Memang dalam penyelenggaraan sidang IPU ke-144 terdapat pula Pameran IKM Bali yang menunjukkan beberapa produk kerajinan lokal Pulau Dewata.

BACA JUGA: Bamsoet Kagum dengan Keindahan Wisata Levi Rafting di Bali

Ternyata beberapa diantara delegasi asing menyatakan suka dengan produk kerajinan tersebut lantaran dianggap memiliki kualitas serta estetika dengan nilai seni budaya yang unggul.

Diketahui bahwa terdapat kunjungan yang dilakukan oleh delegasi asing tersebut serta mereka langsung membeli beberapa produk yang ada di pameran.

BACA JUGA: Bamsoet Kagumi Tempat Wisata Naik Gajah dan Arung Jeram di Bali

Bertempat di Gedung Ksirarnawa, Taman Budaya, Denpasar, Pameran IKM Bali Bangkit Tahap 2 pada tahun 2022 tersebut dilakukan.

Wayan Koster selaku Gubernur Bali angsung menyambut hangat kedatangan delegasi asing peserta IPU ke-144 tersebut bersama dengan beberapa pihak lain.

BACA JUGA: IPU Bertemu di Nusa Dua, Pak Jokowi Mau ke Bali, Kolonel Choirul Siagakan Pasukan

Bahkan apresiasi sempat terucap dari Hon Sophia Abdi Noor selaku President Inter-Parliamentary Union (IPU) Standing Committee on UN Affairs Chairperson-Environment & Natural Resources Committee.

Dirinya menyatakan bahwa produk kerajinan lokal Bali ini memiliki nilai seni dan mengaku sangat bangga akan produk itu.

Lebih lanjut, Hon Sophia Abdi Noor bahkan mengatakan dirinya akan kembali mengatur jadwal untuk lain kali bisa berkunjung lagi di Bali karena ingin mengenal lebih dalam seluruh kekayaan Pulau Dewata.

“Saya menyukai pertemuan IPU di Pulau Bali, dan saya meminati sekaligus bangga dengan produk kerajinan lokal Bali, sehingga saya akan mengatur jadwal lagi untuk berkunjung ke Bali, karena saya ingin lebih dalam lagi untuk mengenal Bali,” ujarnya.

Atas kehadiran beberapa delegasi asing peserta IPU ke-144 mengunjungi pameran produk kerajinan lokal di Bali, Wayan Koster kemudian mengucapkan rasa terima kasihnya.

Selain itu Gubernur Bali ini juga berharap supaya produk kerajinan lokal mereka bisa semakin disukai oleh masyarakat dunia.

Tidak hanya itu, dia juga berharap supaya dengan semakin dikenalnya produk kerajinan khas Bali bisa memberikan penghidupan bagi seluruh masyarakat serta perajin di sana.

“Saya mewakili masyarakat dan Pemerintah Provinsi Bali menyampaikan terimakasih atas kunjungan delegasi IPU Assembly. Mudah-mudahan produk kerajinan lokal Bali ini makin disukai masyarakat dunia dan memberikan penghidupan kepada masyarakat dan perajin di Bali,” jelasnya. (dil/jpnn)


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Bali   DPR RI   IPU   kerajinan   pariwisata Bali  

Terpopuler