Demi Cegah Covid-19, Bamsoet Minta Pengusaha Tempat Wisata Patuhi Aturan

Senin, 26 Oktober 2020 – 19:35 WIB
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Foto: Humas MPR

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR Bambang Soesatyo mengapresiasi langkah sejumlah pemerintah daerah dalam menyusun strategi mencegah lonjakan kasus Covid-19 pada libur panjang akhir Oktober 2020.

Menurut Bambang, sejumlah pemda sudah menyusun strategi dengan membatasi jumlah wisatawan, meningkatkan patroli protokol kesehatan hingga melakukan tes cepat Covid-19 kepada pengunjung.

BACA JUGA: Ketua KPU Terpapar Covid-19 Usai Acara Debat Kandidat Cawako

"Saya mengapresiasi langkah pemda tersebut," kata Bambang, Senin (26/10).

Legislator Partai Golkar itu berharap upaya pemda dapat efektif mencegah kepadatan dan terjadinya kerumunan orang di masing-masing tempat wisata di tiap daerah pada libur panjang pekan ini. Sekaligus mencegah terjadinya penyebaran Covid-19 yang tidak terkendali di tempat-tempat wisata.

BACA JUGA: Usai Salat Tahajud Sujatmoko Mendengar Teriakan Minta Tolong dari Rumah Saidun, Tragis

"Ini mengingat kedatangan para wisatawan dari luar daerah secara tak terkendali akan meningkatkan kasus Covid-19," ungkap mantan ketua DPR itu.

Karena itu, Bamsoet mendorong pemda bekerja sama dengan aparat dan petugas keamanan tempat wisata untuk menertibkan wisatawan atau pengunjung agar patuh terhadap kebijakan yang ada, seperti melaksanakan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dan physical distancing.

BACA JUGA: 12 ABG Tertangkap Basah Lagi Mesum di Penginapan, Pengakuannya Mengejutkan

"Hal ini sebagai upaya mencegah terjadinya klaster baru penyebaran Covid-19 yang berasal dari tempat-tempat wisata," kata dia.

Bamsoet mendorong pemda meminta kepada pengusaha tempat wisata untuk memastikan jumlah pengunjung dibatasi maksimal 50 persen sesuai aturan pembatasan sosial berskala besar pra-adaptasi kebiasaan baru (PSBB pra-AKB).

Selain itu juga memastikan keamanan kawasan wisata saat melonjaknya wisatawan pada libur panjang.

Dia mendorong pemda dapat menegakkan aturan secara tegas bagi pengusaha atau pengelola wisata yang tidak mengikuti atau mematuhi aturan yang ditetapkan, seperti dengan menghentikan sementara kawasan wisata, sebagai upaya pemda dalam mencegah terjadinya lonjakan kasus baru Covid-19.

"Saya mengimbau kepada setiap wisatawan atau pengunjung agar mematuhi aturan atau kebijakan yang ada, seperti disiplin menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 serta memastikan dirinya sehat sebelum bepergian saat libur panjang akhir pekan," pungkasnya. (boy/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler