Demi Medali Emas SEA Games, Pelatih Tim Putra 3x3 Indonesia Lakukan Ini

Selasa, 15 Maret 2022 – 03:25 WIB
Pelatih tim 3x3 putra Indonesia Ali Budimansyah saat ditemui di kawasan Cikini, Jakarta Pusat. Foto: JPNN.com/Muhammad Naufal

jpnn.com, JAKARTA - Timnas bola basket 3x3 putra Indonesia melakukan persiapan menjelang tampil di SEA Games 2021 di Vietnam.

Pelatih tim putra 3x3 Indonesia Ali Budimansyah memanggil beberapa nama untuk mengikuti seleksi yang akan digelar bulan depan.

BACA JUGA: Timnas Bola Basket Putri Indonesia Gagal Melaju ke Semifinal FIBA Womens Asia Cup 2021

Dalam daftar seleksi ada tiga nama peraih medali perak SEA Games 2019 yakni Surliyadin, Sandy Ibrahim Azis, dan Oki Wira Sanjaya.

Tidak hanya trio tersebut, Ali Budimansyah turut memanggil pemain naturalisasi Jamarr Andre Johnson serta dua pemain muda asal Senegal, Serigne Modou Kane dan Dame Diagne.

BACA JUGA: Timnas Bola Basket Putri Optimistis Raih Hasil Maksimal di FIBA Womens Asia Cup 2021

Satu nama lagi yang dipanggil ialah pebasket asal klub Indonesia Patriots yang berdarah campuran Indonesia dan Prancis, Julian Alexandre Chalias.

Masuknya nama Jamarr ke dalam daftar seleksi menurut Ali Budimansyah merupakan kebutuhan tim karena sejauh ini tim 3x3 Indonesia kekurangan pemain bertubuh tinggi seusai pensiunnya Rivaldo Tandra Pangesthio.

BACA JUGA: Inilah Atlet Menembak TNI AL Peraih Piala Danpaspampres 2022

"Jamarr kami pilih karena jujur butuh pemain dengan pertimbangan size. Dia masuk bisa untuk menggantikan posisi Rivaldo Pangesthio,” ungkap pria yang akrab disapa Budi Jordan itu dalam rilis tertulis.

Tidak hanya nama-nama di atas, rencananya akan ada sekitar 10 pemain yang akan dicoba untuk bermain untuk timnas 3x3 putra. Para pemain yang dipanggil nantinya merupakan kombinasi antara senior dan junior.

Meski para pemain yang dipanggil merupakan pebasket 5x5, nantinya mereka ditekankan kembali bermain basket 3x3.

Dalam mencapai target meraih medali emas SEA Games 2021 di Vietnam, timnas 3x3 Indonesia akan melakukan uji coba tanding di Jepang.

Selain untuk menambah jam terbang, uji coba di Negeri Sakura bisa untuk mengakali persiapan yang mepet menjelang tampil di Vietnam pada Mei mendatang.

“Uji coba di Jepang tidak lama, sekitar lima hari dan saya berharap bisa menerapkan simulasi pertandingan saat berlaga di SEA Games supaya para pemain terbiasa,” tambah pemain legenda asal klub Stapac Jakarta itu  

Prestasi basket 3x3 Indonesia pada SEA Games 2019 bisa dikatakan sangat baik dengan membawa pulang medali perak.

Dengan skuad lokal, Rivaldo Tandra dan kawan-kawan kalah dari Filipina yang bermaterikan pemain berdarah campuran.

Tidak heran melihat peluang yang ada, Indonesia bukan tidak mungkin bisa menggondol medali emas dari nomor basket 3x3 jika melakukan persiapan yang maksimal.(perbasi/mcr16/jpnn)


Redaktur : Friederich
Reporter : Muhammad Naufal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler