Demi Pembangunan IKN, Pemerintah Memodifikasi Cuaca Selama 24 Jam

Selasa, 30 Juli 2024 – 16:10 WIB
Menteri PUPR yang juga Plt Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Basuki Hadimuljono (tengah) di Istana Garuda IKN, dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden pada Selasa (30/7). Foto: dokumentasi Biro Pers, Media, dan Informasi Istana

jpnn.com, JAKARTA - Plt Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Basuki Hadimuljono menyebutkan bahwa pemerintah terus melakukan modifikasi cuaca selama 24 jam setiap harinya, untuk mendukung pembangunan di IKN, Kalimantan Timur.

Modifikasi cuaca itu dilakukan untuk mencegah agar hujan tidak turun, sehingga tak menghambat pekerjaan sarana dan prasarana di kawasan IKN.

BACA JUGA: Tamu Upacara HUT RI di IKN Kemungkinan Dikurangi Gegara Ini

"Sekarang ini masih terus dengan teknologi modifikasi cuaca (selama) 24 jam (menggunakan) 4 pesawat, 2 di Balikpapan, 2 di Samarinda,” ujar Basuki di Istana Garuda IKN, dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (30/7).

“Jadi, masih terus (modifikasi cuaca)," lanjutnya.

BACA JUGA: Berkantor di IKN, Ini Menu Sarapan Pagi Jokowi, Ada Ikan Asin

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) itu menuturkan modifikasi cuaca dilakukan secara teknis dengan cara menahan awan agar tidak hujan.

Meski banyak awan mendung, kata dia, di atas IKN yang jatuh hanya hujan kecil atau gerimis.

BACA JUGA: Jokowi Gunakan Helm Anak Bangsa Saat Geber Motor Keliling IKN, Sebegini Harganya

"(Dilakukan) 24 jam, malam pun mereka terbang. Jadi, (pekerja tetap) bekerja. Paling kepyur-kepyur (gerimis) itu masih bisa kerja," kata dia.

Sebelumnya, Basuki Hadimuljono juga kerap mengungkit masalah hujan yang menjadi kendala yang membuat pembangunan infrastruktur di IKN terhambat. (mcr4/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?

BACA ARTIKEL LAINNYA... Jokowi Resmikan Pembangunan Jembatan Pulau Balang, Hutama Karya Berkomitmen Dukung Kemajuan IKN


Redaktur : M. Rasyid Ridha
Reporter : Ryana Aryadita Umasugi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler