Dengan 1,6 juta orang diperkirakan membanjiri Sydney untuk menonton kembang api malam Tahun Baru, persaingan untuk mendapat tempat terbaik semakin sengit.

Ribuan warga telah mendirikan tenda di area Mrs Macquarie’s Chair setelah (31/12) pagi berbondong-bondong mengamankan tempat untuk menonton pesta 23.000 kembang api yang akan dinyalakan dari Jembatan Sydney Harbour.

BACA JUGA: Kalifornia Akan Larang Impor Produk Kanguru, Australia Terkena Dampaknya

Berbekal karpet piknik dan tas makanan, mereka hampir tak bisa menahan kegembiraan mereka, dengan terus berjalan untuk mengamankan tempat mereka.

Warga Sydney telah berbondong-bondong untuk datang ke berbagai lokasi di seluruh kota, termasuk daerah pantai untuk tontonan malam ini.

BACA JUGA: Keluarga Foti, Sutradara Pesta Kembang Api di Australia Selama 200 Tahun

Banyak warga diperkirakan akan menonton kembang api dari kapal yang ditambatkan di dermaga Royal Botanic Gardens.

Pihak berwenang mengatakan, akan ada 4.500 bis dan kereta yang beroperasi hingga dini hari untuk melayani warga yang pulang ke rumah sehabis malam pergantian tahun.

BACA JUGA: Sydney Persiapkan Pesta Kembang Api Tahun Baru Terbesar di Australia

Massa juga telah berdatangan ke McMahons Point selama dua hari terakhir untuk melihat-lihat titik terbaik, bahkan beberapa orang sudah mendirikan tenda sejak (29/12).

Pada (31/12) pukul 10.00 pagi, hampir seluruh rumput di dekat jembatan Sydney Harbour telah tertutup oleh tenda, terpal atau handuk.

Area, yang terletak di sisi utara dari Sydney Harbour, ini adalah salah satu titik terbaik untuk menonton kembang api karena Jembatan Sydney Harbour, lanskap kota dan Opera House terlihat bersamaan.

Acara tahun ini, yang bertemakan "kota penuh warna", telah menghabiskan dana sebesar 7 juta dolar (atau setara Rp 70 miliar) dan jembatan Sydney Harbour akan menjadi inti dari perayaan.

Untuk pertama kalinya, akan ada proyeksi yang dibuat oleh seniman lokal di kedua sisi tiang jembatan, dan film pendek akan diputar antara pukul 09:00 malam-jelang kembang api tengah malam.

Penutupan jalan di Sydney

Jalanan kota ini mulai ditutup jelang perayaan (31/12) malam, termasuk The Cahill Expressway dan jalanan di sekitar Royal Botanic Gardens.

Seorang juru bicara Pusat Manajemen Transportasi mengatakan, jembatan Sydney Harbour akan ditutup pada pukul 11:00 malam sampai 1:00 dini hari keesokan harinya untuk pertunjukan kembang api.

Bis yang biasanya melintas dari utara dan masuk daerah kota melalui jembatan Sydney Harbour akan berakhir di North Sydney selama penutupan.

Semua jalur jembatan Anzac dan Western Distributor yang menuju ke timur akan ditutup pada pukul 20:30-21:30 malam ini dan kemudian pukul 23:30-01:00 dini hari.

Mulai pukul 02:00 dini hari, jalanan di sekitar Circular Quay akan mulai ditutup dan penutupan jalan utama di sekitar pusat kota Sydney akan diberlakukan mulai pukul 19:00 malam, termasuk jalan Castlereagh, Elizabeth, George, King, Macquarie, Market, Park dan Pitt.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kilas 2015 : Kerjasama Pencegahan Pembiayaan Terorisme Indonesia - Australia Diperluas ke Asia Pasifik

Berita Terkait