Demokrat Nyaman Jika PDIP Gabung Koalisi Prabowo? Ini Reaksi Irwan Fecho

Jumat, 27 September 2024 – 09:35 WIB
Anggota DPR RI Fraksi Demokrat Irwan Fecho. Foto/Arsip : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - Politikus Partai Demokrat Irwan Fecho mengatakan wacana pertemuan Presiden terpilih Prabowo Subianto dengan Presiden Kelima RI sekaligus Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri harus disambut baik.

"Menurut saya, langkah pertemuan Pak Prabowo dan Bu Mega harus kita sambut sebagai sebuah upaya, semangat persatuan. Sampai di situ saja dulu. Kita tidak tahu pertemuannya nanti seperti apa, tetapi menurut saya harus sambut baik," ujar Irwan dalam Tlakshow sebuah televisi, dilihat melalui YouTube, Jumat (27/9/2024).

BACA JUGA: PDIP Ingatkan Prabowo Pulang ke Indonesia saat Rezim Megawati

Namun saat ditanya soal nyaman tidaknya Demokrat bila nanti PDIP bergabung dengan gabungan partai pendukung Prabowo, yakni Koalisi Indonesia Maju (KIM), Irwan menilai persoalannya bukan masalah kenyamanan.

"Terkait nyaman dan tidak nyaman, saya pikir itu murni hak prerogatif Pak Prabowo. Jadi, bukan dalam kapasitas kami di Demokrat, nyaman atau tidak," ujarnya.

BACA JUGA: Video Syur Viral, Oknum Guru & Siswi MAN Gorontalo Pernah Berjimak di Sekolah

Menurut Irwan, sesuai yang disampaikan Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), partainya menyerahkan sepenuhnya keputusan kepada Prabowo selaku pemimpin koalisi.

Irwan juga menyampaikan kalaupun PDIP nantinya memang bergabung dengan KIM dan mendukung pemerintahan Prabowo Subianto, itu juga dibutuhkan bangsa ini.

BACA JUGA: Dipecat PDIP dan Gagal Dilantik Jadi DPR, Tia Rahmania Bakal Tempuh Jalur Hukum

"Kalaupun kawan PDIP masuk, itu juga sangat dibutuhkan untuk pembangunan lebih baik dan progresif, sangat butuh yang namanya stabilitas politik. Saya pikir dengan masuk kawan PDIP bisa mewujudkan hal itu," tuturnya.

Lantas bagaimana soal demokrasi yang memerlukan check and balances? Menurut Irwan, hal itu sudah menjadi tugas bersama untuk menjaga sehat dan tidaknya demokrasi.

"Karena saya pikir kontrol bukan hanya di DPR, tetapi bisa sipil, akademisi, dan media, bisa kita semua juga di sini," ucapnya.

Oleh karena itu, Irwan menilai rencana pertemuan Prabowo dengan Megawati harus disambut baik, termasuk bila akhirnya PDIP nantinya masuk koalisi pendukung pemerintah.

"Kalau kami pada prinsipnya akan menyambut baik siapa pun yang dipilih, disetujui Pak Prabowo untuk masuk dalam koalisi pemerintahannya," ketua DPD Demokrat Kaltim itu.

Anggota Komisi V DPR itu mengatakan anggota koalisi akan nyaman-nyaman saja dengan penambahan partai di KIM, bukan hanya PDIP.

"Kami sangat nyaman karena kami percaya masuk dan tidaknya sahabat kami, bukan hanya PDIP, masuknya Nasdem, PKS, bagi kami di KIM asyik-asyik saja. Kenapa? Karena kami percaya Pak Prabowo tahu jalan yang terbaik untuk menjalankan pemerintahan lima tahun ke depan," ujar Irwan yang juga ketua umum IKA SKMA.(fat/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Prabowo   Prabowo Subianto   Megawati   PDIP   Demokrat   Irwan Fecho   PKS   NasDem   KIM   Partai Demokrat   AHY  

Terpopuler