Demokrat Rangkul PDIP

Senin, 15 Oktober 2012 – 06:17 WIB
JAKARTA - Gerakan partai-partai besar untuk menggaet calon gubernur yang akan diusung di pilgub Sumut 2013 mendatang makin cepat. Partai Demokrat sudah giat menggalang komunikasi dengan partai-partai lain. Partai penguasa itu sudah intens ngobrol dengan PDI Perjuangan yang dikabarkan akan mengusung RE Nainggolan, mantan Sekdaprov Sumut.

"PDIP ada RE Nainggolan. RE Nainggolan bisa nomor dua (cawagub, red). Prediksinya sih seperti itu," ujar Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Jhony Allen Marbun kepada JPNN kemarin.

Lantas, siapa dari kader Demokrat yang akan jadi cagub bersanding dengan RE Nainggolan? Jhony Allen tidak menyebut nama. Tapi yang pasti, akan diambilkan dari hasil survei tertinggi. Sebelumnya, Jhony menyebukan, hasil survei internal, kader Demokrat yang meraih skor tinggi adalah Sutan Bathoegana, yang berada di bawah Gatot Pujo Nugroho dan Gus Irawan.

Dia mengatakan, pimbicaraan dengan petinggi PDIP sudah dilakukan, termasuk dengan Panda Nababan. Namun diakui, belum ada kesepakatan resmi sehingga peluang Demokrat berkoalisi dengan partai lain masih sangat terbuka.

Bahkan, kata Jhony Allen, Partai Demokrat rela hanya menempatkan kadernya sebagai cawagub, bukan cagub. "Yang penting salah satu harus masuk untuk mengisi apa saja, nomor dua atau nomor satu. Karena banyak sekali kader kita yang masih berlatih untuk mencari simpati masyarakat," aku Jhony, yang juga anggota DPR itu.

Yang jelas, lanjutnya, komposisi pasangan hasil koalisi harus tepat, dengan memperhitungan basis dukungan masing-masing kandidat yang disandingkan. Jangan sampai basis dukungan cagub sama dengan daerah basis dukungan cawagub. "Basis penyebaran dukungan harus beda, sehingga kalau digabung jumlah konstituen pasangan ini akan terakumulasi," beber Jhony.

Dia katakan, survei internal yang dilakukan partainya juga untuk membaca sebaran pendukung para kandidat. "Hasil polling kita juga mempetakan penyebaran dukungan di 33 kabupaten/kota yang ada," ungkapnya. Untuk hasil survei terakhir, lanjutnya, saat ini masih diolah oleh tim yang dia ketuai.

Bagaimana peluang Demokrat berkaolisi dengan PKS untuk mengusung Gatot sebagai cagub dan cawagubnya dari Demokrat? Jhony mengatakan, peluang koalisi dengan partai mana pun masih terbuka. Hanya saja, Jhony yakin, PKS tidak akan mau karena PKS sudah disokong Hanura sehingga sudah memenuhi syarat pencalonan.

"Mungkin PKS tak butuh kita karena sudah mencapai 15 persen, sebagai syarat maju,"duga Jhony. Yang jelas, penjajakan koalisi sudah dilakukan dengan PDIP, Golkar, dan PPP. (sam/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... PPRN Bakal Pelototi Berkas di KPU

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler