Denmark Latih Pilot Ukraina Cara Membantai Pasukan Rusia dengan F-16

Rabu, 28 Juni 2023 – 04:25 WIB
Jet tempur F-16 buatan Amerika Serikat, salah satu pesawat yang diinginkan Ukraina untuk melawan invasi Rusia. Foto: RADOSLAW JOZWIAK / AFP

jpnn.com, KOPENHAGEN - Denmark menyatakan mulai melatih pilot Ukraina dalam menerbangkan jet tempur F-16 setelah memensiunkan skuadron pesawat tempur AS tersebut lebih cepat dua tahun dari seharusnya.

Menteri Pertahanan Troels Lund Poelsen pada Selasa mengatakan negaranya memutuskan memensiunkan armada F-16 yang sudah tua karena penggantinya, yakni F-35, segera beroperasi pada 2025 atau lebih cepat dari jadwal semula pada 2027.

BACA JUGA: 8 Pesawat Tempur F-16 Akan Manuver Bomb Burst di atas Istana Merdeka

"Kami juga tengah mempertimbangkan apakah akan memberikan sumbangan nyata kepada Ukraina dengan pesawat tempur F-15 milik Denmark dan berapa banyak yang akan kami berikan," kata Poulsen kepada media Denmark DR.

Poulsen mengatakan negaranya "sudah mengambil langkah guna memulai latihan dan pelatihan lanjutan untuk pilot-pilot Ukraina."

BACA JUGA: Rusia Peringatkan Risiko Besar Jika Barat Kirim F-16 ke Ukraina

Menurut dia, para pilot Ukraina ini akan menghabiskan waktu sekitar enam sampai delapan pekan untuk berlatih sebelum Denmark akhirnya menyerahkan sumbangan pesawat F-16.

"Ini bukan berarti Anda tak bisa membuat keputusan lebih cepat. Namun (pesawat F-16) masih akan berada di Denmark hingga 2024," tambah dia.

BACA JUGA: TNI AU Kirim 6 Pesawat Tempur F-16 ke Australia

Denmark sudah memesan 27 unit pesawat F-35A dalam upaya menggantikan paling sedikit 30 unit F-16.

Perubahan dalam armada itu diharapkan terjadi akhir tahun ini hingga akhir 2025.

Sumbangan F-16 sedang dipertimbangkan setelah ada permintaan dari Ukraina agar memperoleh dukungan udara dari Barat dalam konflik perang Rusia. (ant/dil/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Adil Syarif

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler