Densus 88 Kawal Pilkada Hari Ini

Kamis, 20 September 2012 – 07:26 WIB
JAKARTA---Mabes Polri menaruh atensi khusus pada pelaksanaan pilkada putaran kedua hari ini. Detasemen Khusus 88 Anti Teror akan bersiaga mengantisipasi kerawanan terkait terorisme. "Kalau dari analisa intelijen tidak ada ancaman terorisme, tapi tim tetap waspada. Standby on call," ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigjen Boy Rafli Amar kemarin (19/09).

Boy menjelaskan, di Polda Metro Jaya ada satuan Densus 88 yang siap secara operasional. "Bilamana diperlukan ada satuan Mabes Polri yang juga siap digerakkan. Tapi, kita yakini akan aman," katanya.

Ujung tombak pengamanan lanjut Boy menjadi tanggung jawab Polda Metro Jaya. Namun, karena pilkada berlangsung di ibukota, maka Mabes Polri memberi perhatian khusus. "Jakarta merupakan barometer keamanan nasional. Ada banyak objek vital, karena itu harus kita pastikan aman dan damai," katanya.

Boy berharap masyarakat juga melakukan pengamanan swakarsa di lingkungannya. "Masing-masing perangkat di warga misalnya RT dan RW mohon koordinasi dengan polsek setempat," kata mantan Kapoltabes Padang, Sumatera Barat itu.

Secara terpisah, Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Rikwanto menjelaskan, di masing-masing tempat pemungutan suara akan dijaga oleh tiga personil. "Mereka akan berjaga di luar lokasi TPS jadi tetap netral," katanya.

Mantan Kapolres Klaten itu menambahkan, kekuatan yang disiapkan Polda terutama adalah satuan pengendalian massa atau Dalmas. "Kita antisipasi jika ada kelompok massa yang tidak puas dengan hasil pemilihan. Tapi, kita harap itu tidak terjadi.    

Rikwanto meminta masing-masing tim sukses menjaga kekompakan massa di lapangan. "Beberapa waktu lalu dua kandidat sudah ikrar siap menang dan siap kalah di Polda, kami harap itu dilaksanakan besok (hari ini, red)," katanya. (rdl)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Kawasan Pecinan Dijaga Ketat

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler