Densus Kirim Tim ke Hutan Tamanjeka

Buru Santoso yang Muncul di Youtube

Minggu, 14 Juli 2013 – 07:16 WIB
JAKARTA--Bulan puasa tak menyurutkan semangat polisi anti teror memburu DPO. Salah satu buronan most wanted adalah Santoso alias Abu Wardah yang muncul di situs youtube. 

”Saat ini tim sudah bergerak ke hutan Tamanjeka, Gunung Biru, ini di wilayah Poso Pesisir,” ujar seorang penyidik di lingkungan anti teror Polri pada Jawa Pos kemarin (13/ 7).

Tim itu berjumlah 25 orang dengan kemampuan khusus. Ada ahli navigasi hutan dan pelacak jejak, ahli bom, penembak jitu, dan spesialis komunikasi radio. Mereka membackup sekitar tiga peleton (90 orang) personel Polda Sulawesi Tengah yang juga terlibat dalam pengejaran.

Dari pengakuan anggota kelompok Santoso yang ditangkap hidup, rekaman tantangan yang pernah dipublikasikan di youtube dibuat di Gunung Biru itu. Kelompok Santoso juga membuat camp di daerah yang vegetasi pepohonannya masih rapat dan lebat itu. 

“Tim berhati-hati karena mereka membuat flying camp atau berpindah-pindah dengan menyiapkan jebakan ranjau peledak,”katanya. Kemampuan kelompok Santoso diperkirakan berjumlah 20 hingga 25 orang dengan senjata api dan amunisi.

Kelompok Santoso diuber-uber Densus 88 karena bertanggungjawab dalam berbagai serangan teror. Misalnya pembunuhan terhadap empat Brimob yang sedang patroli dan dua orang polisi Polsek Poso Pesisir yang digorok lehernya.

Terpisah, Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigjen Boy Rafli Amar menjelaskan pengejaran Santoso melibatkan tim gabungan. “Ada kerjasama antara tim Polda Sulawesi Tengah dan tim Mabes Polri,” katanya.

Perkembangan pengejaran, lanjutnya akan disampaikan oleh Polda Sulawesi Tengah. “Kita masih monitor terus. Itu nanti dari Polda setempat update informasinya,” tutupnya.(rdl)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Napi Minta Dikawal Tentara

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler