Depak Brasil, Kroasia Sudah Seperti Jerman, Tidak Normal

Sabtu, 10 Desember 2022 – 13:49 WIB
Kiper Kroasia Dominik Livakovic menjadi pahlawan dalam laga timnya melawan Brasil. Foto: digitalhubfifa

jpnn.com - DOHA - Kroasia memenangi adu penalti keempat berturut-turut di Piala Dunia, setelah mengusir Brasil dari FIFA World Cup Qatar 2022.

Sebelum menaklukkan Brasil melalui drama adu penalti di perempat final Piala Dunia 2022, Kroasia juga menang dengan adu penalti melawan Jepang (16 Besar 2022), Rusia (8 Besar 2018), dan Denmark (16 Besar 2018). Beruntun.

BACA JUGA: Kroasia vs Brasil: Rekor Apik Neymar Berakhir Tragis

FIFA melansir, koleksi kemenangan di Piala Dunia melalui adu penalti Kroasia itu sudah menyamai rekor sebelumnya yang dipegang Jerman.

“Sepak bola adalah permainan sederhana. Dua puluh dua orang mengejar bola selama 90 menit dan, pada akhirnya, Jerman selalu menang.”

BACA JUGA: Belanda Vs Argentina 18 Kartu Kuning, Messi Mulai Songong

Itu kalimat putus asa terkenal dari striker Inggris Gary Lineker setelah timnya kalah adu penalti melawan Jerman (Barat) di semifinal Piala Dunia 1990.

Kalimat itu mungkin akan diperbarui oleh bintang Brasil, Neymar: "Sepak bola adalah permainan sederhana. Dua puluh dua orang mengejar bola selama 120 menit dan, pada akhirnya, Kroasia selalu menang."

BACA JUGA: Piala Dunia 2022: Palestina Mengalahkan Israel

Pelatih Brasil di Piala Dunia 2022 Tite telah memperingatkan pasukannya sebelum laga agar menghindari adu penalti melawan Kroasia.

"Mereka adalah mesin dalam adu penalti. Kita (Timnas Brasil) harus pergi untuk kemenangan di permainan normal," katanya.

Neymar sudah berusaha dan menyumbang gol pada perpanjangan waktu. Namun, Bruno Petkovic menyamakan skor dan mengirim pertandingan ke babak adu penalti.

Kiper Kroasia yang bermain untuk Dinamo Zagreb Dominik Livakovic menjadi pahlawan di babak adu penalti. Penjaga gawang berusia 27 tahun itu mementahkan tendangan algojo pertama Brasil, Rodrygo.

Livakovic juga menjadi hero dalam waktu normal. ESPN mencatat, ada sebelas saves.

“Kami mempu meredam kualitas dan kecepatan Brasil. Kiper kami sedang prima," tutur Pelatih Kroasia Zlatko Dalic.

“Dia menyelamatkan penalti pertama Brasil dan itu memberi kami kepercayaan diri sekaligus membuat lawan kurang percaya diri," imbuhnya.

Kroasia menembus semifinal Piala Dunia 2022 dan bakal bentrok dengan Argentina demi selembar tiket final.

“Pemain saya tidak normal! Untuk kedua kalinya di bawah kepemimpinan saya, kami berada di semifinal. Saya bangga," ujar Dalic. (fifa/espn/jpnn)

Jadwal Semifinal Piala Dunia 2022
Argentina Vs Kroasia Rabu (14/12) 02.00 WIB
Inggris/Prancis vs Maroko/Portugal Kamis (15/12) 02.00 WIB


Redaktur & Reporter : Mufthia Ridwan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler