Depak LPIS, PSSI Ambil Alih IPL

Rabu, 02 Oktober 2013 – 19:45 WIB

jpnn.com - JAKARTA -- PSSI akhirnya memutuskan untuk mencabut kewenangan PT Liga Prima Indonesia Sportindo (LPIS) selaku operator Indonesia Premier League (IPL).

Keputusan ini diambil setelah PSSI menggelar pertemuan dengan LPIS, serta klub IPL dan Divisi Utama IPL, di Hotel The Sultan, Jakarta, Rabu (2/10).

BACA JUGA: Bale Absen Bela Madrid Lawan Kopenhagen

"PSSI ambil alih seluruh pertandingan IPL. Tadi ada permintaan dari Widjadjanto (CEO LPIS) agar partner-partner LPIS terlibat. Kami nyatakan yes," kata Sekretaris Jendral (Sekjen) PSSI Joko Driyono.

Pertemun tersebut juga dihadiri oleh tiga anggota komite eksekutif (exco) PSSI. Mereka adalah Djamal Azis, La Siya, dan Erwin Budiawan. Keputusan itu akan segera disahkan PSSI dalam rapat exco.

BACA JUGA: Pelatih Shakhtar Donetsk Sindir Strategi Moyes

Format baru IPL hanya diikuti oleh 11 klub. Persebaya 1927, Arema IPL dan tiga klub yang didiskualifikasi di putaran kedua, yakni Persija IPL, Persema dan Persibo, dinyatakan PSSI tidak berhak mengikuti kompetisi.

Kesebelas klub tersebut, kecuali Semen Padang, akan mengikuti babak playoff dengan pembagian dua grup. Semen Padang tidak diikutkan karena mendapat wildcard dan langsung dinyatakan lolos ke tahap verifikasi.

BACA JUGA: Harapan Tinggi Ibrahimovic Pada PSG

Nah, dari setiap grup akan diambil tiga klub teratas untuk mendampingi Semen Padang lolos verifikasi, sehingga nantinya ada 7 klub yang berhak diverifikasi mengikuti unifikasi liga 2014. Empat klub terbaik hasil verifikasi berhak ikut unifikasi liga musim depan.

"Kita berharap play-off akan disiarkan langsung stasiun TV. Exco juga akan menunjuk kapan pelaksanaannya, tapi diharapkan seminggu setelah keputusan diambil," terang Jokdri, sapaan akrab Joko Driyono.

Tak hanya IPL, PSSI juga akan mengambil alih Divisi Utama LPIS yang menyisakan pertandingan semifinal dan final. "Divisi Utama LPIS akan diteruskan sampai selesai dan dilaksanaan PSSI," ujarnya. (abu/jpnn)

Peserta IPL Format Baru:
1. Semen Padang
2. Pro Duta
3. Perseman Manokwari
4. PSM Makassar
5. Persiba Bantul
6. PSIR Rembang
7. Persepar Palangkaraya
8. Persijap
9. Persiraja
10. PSLS
11. Bontang FC

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Semua Pemain Madrid di Belakang Ancelotti


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler