Desak Pemerintah Bentuk Tim Investigasi

Minggu, 24 Maret 2013 – 20:20 WIB
JAKARTA -- Pemerintah didesak membentuk tim investigasi menyeluruh terhadap peristiwa penembakan empat tahanan di Lapas Cebongan, Sleman, Yogyakarta, Sabtu (23/3), dinihari. Pelaku harus ditangkap dan dihukum seadil-adilnya.

"Mendesak pemerintah segera membentuk tim investigasi menyeluruh terhadap peristiwa ini," kata Yoyarib Mau,  koordinator aksi "Seribu Lilin Solidaritas Kemanusiaan Korban Pembantaian di Lapas Cebongan Jogya"," Minggu (23/3), di kawasan Bundaran HI Jakarta.

Ia menegaskan, jika terbukti pelaku pembantaian melibatkan oknum TNI, maka pihaknya mendesak Pangdam IV Diponegoro dicopot.

"Di sisi lain, jika terbukti prosedur penanganan terhadap empat tersangka dalam proses hukum, maka kami juga mendesak agar Kapolda DIY dan Kepala Lapas Cebongan, dicopot dari jabatannya," kata Yoyarib.

"Terhadap peristiwa ini kami juga mengungkapkan rasa duka cita yang mendalam kepada keluarga dan TNI atas meninggalnya Sertu Heru Santoso dan Sertu Sriyono anggota TNI yang dikabarkan sempat kritis," ungkap Yoyarib.

Mereka juga mendesak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Kapolri untuk menjamin rasa aman terhadap semua warga negara, khususnya di Yogyakarta.

Dia mengatakan, tragedi pembantaian ini mencerminkan lemahnya kedudukan negara di hadapan kelompok tertentu. Menurutnya, ini bukti ketidaktegasan aparat penegak hukum untuk memberi jaminan dan keselamatan terhadap warganya.

"Pemimpin dan penegak hukum mesti segera melakukan pembenahan secara serius agar hukum rimba ini tidak berlanjut, yang pada gilirannya menimbulkan kekacauan nasional," ujarnya. (boy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Anggap Massa Pengancam Kudeta Hanya Gerombolan tak Jelas

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler