Detik-detik Bayi Mungil Ferra Oktaviana Lahir, Kru KMP Pangkilang Mendadak jadi Bidan

Selasa, 08 Oktober 2024 – 20:12 WIB
Bayi mungil Ferra Oktaviana yang lahir di atas kapal KMP Pangkilang saat digendong ibunya. Foto: Dokumentasi ASDP

jpnn.com, JAKARTA - Pekikan tangis bayi perempuan memecah keheningan ruangan bilik kapal KMP Pangkilang yang tengah berlayar dari Pelabuhan Tokalimbo menuju Pelabuhan Timampu, Sulawesi Selatan.

Kelahiran bayi mungil yang diberi nama Ferra Oktaviana pada Jumat (4/10) pukul 13.27 WITA itu ditolong kru KMP Pangkilang yang bekerja dengan cekatan sebagai komitmen yang kembali ditunjukkan dalam melayani masyarakat, bahkan di saat-saat kritis.

BACA JUGA: ASDP Tanam 3 Ribu Bibit Mangrove di Tangerang, Wujud Komitmen Jaga Kualitas Perairan

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) atau ASDP Shelvy Arifin menyampaikan awalnya keluarga pasien berencana menggunakan kapal cepat (speedboat) milik puskesmas setempat.

Namun, ketika mesin kapal mengalami kerusakan, keputusan cepat dibuat untuk mengalihkan pasien ke KMP Pangkilang, yang saat itu tengah bersiap meninggalkan pelabuhan.

BACA JUGA: ASDP Dinobatkan sebagai Perusahaan Terbaik Human Capital 2024 di Ajang IHCA X

"Seharusnya pasangan ini berangkat dengan speedboat milik Puskesmas, tetapi setelah lima menit bertolak, mesin kapal cepatnya mengalami malfungsi. Tim medis segera memutuskan untuk memindahkan pasien ke KMP Pangkilang," jelas Shelvy.

Meski kapal ASDP baru saja menyelesaikan bongkar muat, perjalanan dilanjutkan sesuai jadwal pada pukul 13.00 WITA.

BACA JUGA: Dukung Ajang MotoGP Mandalika, ASDP Catat Kenaikan Trafik Penumpang Hingga 26 Persen

Namun, di tengah perjalanan, kontraksi sang ibu semakin kuat.

Dengan cepat, kru kapal yang mendadak jadi bidan dan tenaga medis bekerja sama memastikan proses persalinan berjalan aman.

"Kami sangat mengapresiasi Kapten KMP Pangkilang Muhammad Bakri, dan seluruh awak kapal atas tanggapnya dalam membantu proses persalinan ini. Alhamdulillah, ibu dan bayi selamat. Semoga bayi ini kelak menjadi kebanggaan bagi keluarga dan bangsa," ujar Shelvy.

Bayi perempuan yang lahir dalam suasana penuh haru ini diberi nama Ferra Oktaviana Pangkilang sebagai penghargaan terhadap kapal yang telah menjadi tempat kelahirannya.

Sebagai bentuk rasa syukur, ASDP memberikan tiket perjalanan gratis dari Tokalimbo ke Timampu bagi keluarga bayi tersebut.

Melalui momen ini, ASDP tidak hanya sekadar menjalankan tugas penyeberangan, tetapi juga memperlihatkan kepeduliannya terhadap sisi kemanusiaan.

Kelahiran ini membawa harapan baru, tidak hanya bagi keluarga bayi, tetapi juga bagi ASDP yang terus berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler