Detik-detik Gubernur Sulteng Rusdy Mastura Pingsan Seusai Ritual di IKN Nusantara, Ya Ampun

Senin, 14 Maret 2022 – 13:04 WIB
Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Rusdy Mastura tampak lemas dan lunglai seusai ikuti prosesi ritual adat bersama Presiden Jokowi di titik nol IKN Nusantara, Senin (14/3). Foto : Dari Narasumber JPNN.com

jpnn.com, PENAJAM PASER UTARA - Acara syukuran penyambutan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara diwarnai insiden.

Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura jatuh pingsan seusai mengikuti prosesi ritual adat bersama Presiden Jokowi di titik nol lokasi pembangunan Istana Negara, Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur Senin (14/3/2022) siang tadi.

BACA JUGA: Anies Jadi Gubernur Pertama Menyerahkan Tanah dan Air di IKN, Tak Ada Salam ke Jokowi

Informasi dihimpun, Rusdy Mastura yang jatuh lemas sempat dibopong menuju tenda guna mendapatkan penanganan.

Kejadian itu dibenarkan oleh Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi Kaltim Syafranuddin dikonfirmasi JPNN.com, Senin siang.

BACA JUGA: Simak Kalimat Presiden Jokowi saat Ritual Penyatuan Tanah & Air, Anies yang Pertama

"Iya benar pingsan, beliau kepanasan. Karena faktor usia, cuaca juga panas sekali tadi. Saat prosesi tadi ditempat terbuka, bersama gubernur lain beliau kan mengikuti persiapan dan sudah menunggu beberapa waktu di titik nol itu," ucapnya melalui sambungan telepon.

Rusdy Mastura jatuh pingsan ketika menaiki bukit hendak mengikuti agenda penanaman pohon di lokasi yang tidak jauh dari lokasi prosesi penyatuan tanah dan air dari seluruh provinsi.

BACA JUGA: Anies Membawa Tanah dari Kampung Akuarium ke IKN, Begini Pesannya

Pria kelahiran 8 Februari 1950 itu tiba-tiba lemas dan lunglai diduga karena kelelahan.

Rusdy yang mulai kehilangan kesadaran lantas dibopong ke Mini ICU guna mendapatkan penanganan.

"Beliau langsung ditangani tim kesehatan disana, tidak dilarikan ke rumah sakit, di sana sudah ada Mini ICU, sudah ada tim kesehatan lengkap di lokasi," ungkap Syafranuddin.

Saat mengikuti ritual adat, Rusdy Mastura tampak sehat dan menyerahkan tanah dan air kepada Presiden Jokowi untuk dituangkan ke dalam Kendi Nusantara. Diduga karena cuaca yang terik serta proses ritual yang lama membuat mantan Wali Kota Palu itu lemas.

Kondisi Rusdy Mastura kini dipastikan sudah membaik setelah mendapatkan penanganan dari tim medis.

"Sudah membaik, gubernur sudah ikut rombongan untuk balik," terangnya.

Ditambahkan Syafranuddin, setelah menggelar acara syukuran dan ritual adat istiadat, Presiden Jokowi dan seluruh gubernur lanjut makan siang.

"Setelah ini tinggal agenda menginap saja lagi. Sekarang agenda internal saja," tutupnya.

Sebagaimana diketahui, kedatangan Presiden Jokowi bersama gubernur se-Indonesia dalam rangka syukuran dan ritual adat penyambutan pembangunan IKN Nusantara.

Agenda ini diisi dengan ritual penyatuan tanah dan air dari penjuru negeri yang dibawa 34 gubernur di Indonesia.

Para gubernur diminta secara bergantian menyerahkan tanah dan air sakral dari daerah mereka masing-masing di hadapan Presiden Jokowi. Kemudian menuangkannya ke dalam wadah terbuat dari tembaga bernama Kendi Nusantara, sebagai simbol penyatuan tanah dan air seluruh Indonesia.

Presiden Jokowi berencana akan berkemah di titik nol lokasi pembangunan istana negara. Mantan Wali Kota Solo itu akan menginap bersama lima gubernur dari wilayah Kalimantan.

Selasa (15/3) pagi, Presiden Jokowi dijadwalkan menghadiri vaksinasi di salah satu sekolah di Kecamatan Sepaku, sebelum akhirnya kembali ke Jakarta. (mcr14/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Lihat Itu Warga Sepaku Menyambut Presiden Jokowi, Fokus ke Kaus Mereka, Pak Kades Bilang...


Redaktur : Soetomo
Reporter : Arditya Abdul Aziz

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler