Detik-detik KKB Tiba-tiba Menyerang saat Cuaca Berkabut, Bharatu Bachtiar Ditembak

Senin, 17 Januari 2022 – 17:21 WIB
Bharatu Bachtiar yang ditembak KKB saat tiba di bandara Sentani, Kabupaten Jayapura dan selanjutnya dibawa ke RS Bhayangkara. Foto: ANTARA/HO/Polres Pegunungan Bintang

jpnn.com, JAYAPURA - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) menyerang Pos Satgas Nemangkawi di Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, Senin (17/1) pagi.

Serangan KKB menjelang penarikan personel Satgas Nemangkawi itu mengakibatkan seorang anggota Brimob bernama Bharatu Bachtir terluka.

BACA JUGA: Polri Putuskan Ganti Nama Operasi Penindakan KKB Menjadi Damai Cartenz

Kapolres Pegunungan Bintang AKBP Cahyo Sukarnito saat dihubungi Antara dari Jayapura, Senin, menjelaskan pada Senin pagi sekitar pukul 06.50 WIT, Bharatu Bachtiar ditembak hingga terluka di bagian bahu kiri.

AKBP Cahyo mengatakan saat itu cuaca masih berkabut dan korban sedang berdiri di pos untuk memantau situasi.

BACA JUGA: KKB Kibarkan Bendera Bintang Kejora, Bang Bobby Bereaksi, Simak

“Saat (Bharatu Bachtiar, red) hendak balik ke dalam pos, KKB menembak dan mengenai korban,” kata AKBP Cahyo Sukarnito.

Bharat Bachtiar saat ini sudah dirawat di RS Bhayangkara, Jayapura setelah dievakuasi dengan menggunakan helikopter milik Polri.

BACA JUGA: 5 Fakta Penipuan Modus Baru, Seluruh Rakyat Indonesia Perlu Tahu, Waspadalah!

Kondisinya stabil dan sudah ditangani paramedis yang ada di RS Bhayangkara.

Cahyo mengatakan mengaku personel Satgas Nemangkawi itu nantinya diganti dengan personel Satgas Damai Cartenz.

Dari laporan terungkap tembakan yang dilakukan KKB dari sekitar kawasan perumahan perhubungan yang sudah tidak ditempati, hingga terjadi baku tembak.

Ketika ditanya itu kelompok mana, Kapolres Pegunungan Bintang menyatakan pelaku penyerangan adalah kelompok Lamek Tablo.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal mengungkapkan penembakan itu terjadi saat kontak senjata antara Satgas Tindak Nemangkawi (Belukar) dengan Kelompok Bersenjata Ngalum Kupel Pimpinan Lamek Alipki Taplo.

“Sekitar pukul 06.50 WIT dari arah sebelah kiri pos terjadi tembakan ke arah Pos Belukar yang menyerempet punggung Bharatu Bachtiar,” kata Kamal.

Sebelum kontak senjata terjadi, sekitar pukul 06.00 WIT cuaca sedang berkabut tebal. Petugas piket siaga melaksanakan pemantauan situasi di seputar Pos Belukar Kiwirok.

Selang 50 menit terjadi tembakan dari arah sebelah kiri pos ke arah Pos Belukar yang mengenai punggung Bharatu Bachtiar.

“Pada pukul 06.52 WIT selanjutnya personel Satgas Tindak Nemangkawi yang berada di Pos Belukar membalas tembakan ke arah tembakan dan terjadi kontak tembak,” kata Kamal. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler