Detik-detik Taruna Korps Marinir Siap Bertempur, Didatangi Atasan

Senin, 13 September 2021 – 17:18 WIB
Wakil Gubernur AAL Laksma TNI Rudi meninjau para taruna Korps Marinir yang melaksanakan latihan pertempuran kota di Perkebunan PTPN XII Selogiri, Ketapang, Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Senin (13/9) pagi. Foto: Dispen AAL

jpnn.com, BANYUWANGI - Detik-detik para Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) saat hendak melaksanakan pertempuran kota, tiba-tiba didatangi atasannya pada Senin (13/9) pagi.

Atasan itu adalah Laksamana Pertama TNI Rudi Aviantara, Wakil Wakil Gubernur Akademi Angkatan Laut (Wagub) AAL.

BACA JUGA: Detik-detik KSAL Tinjau Serbuan Vaksinasi bagi Pelajar di Madiun

Laksma Rudi meninjau Taruna AAL Tingkat III Angkatan ke-68 Korps Marinir saat hendak melaksanakan latihan pertempuran kota yang digelar di Perkebunan PTPN XII Selogiri, Ketapang, Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Sehari sebelumnya, pada Minggu (12/9) siang hingga malam, Laksma Rudi juga meninjau tahap hutan dengan materi pengadangan dan pengamanan pejabat VIP, survival, penyeberangan sungai, daya tembus, jerat dan jebakan serta raid.

BACA JUGA: Detik-detik Delegasi TNI AL Kunjungi Markas Marinir Amerika

Sebanyak 23 Taruna AAL Tingkat III Angkatan ke-68 Korps Marinir Taruna ini, tampak semangat dan disiplin melaksanakan salah satu materi yang disuguhkan dalam Latihan Praktik Pendidikan Komando (Lattek Dikko) Marinir Angkatan ke-166 Tahap Hutan itu.

Dalam kunjungan tersebut, Wagub AAL didampingi Dirlog AAL Kolonel Laut (T) Ahmad Riza, Dirpers AAL Kolonel Laut (E) Prasetyo Tri Yudanto, Kadepgadik Kolonel Laut (E) Hari Sulistyo, Kadeplek Kolonel Laut (E) Abdul Aziz, dan Kadepmar Letkol Marinir Datuk Sinaga.

BACA JUGA: Kabar Buruk dari Bu Nur Terkait Hasil Tes PPPK Guru 2021, Sedih

Selain itu, Palaklat Dikko ke-166 Mayor Mar Novi, Palaklat Dikko AAL Letkol Mar Samsul, Komandan Lanal Banyuwangi, Letkol Laut (P) Eros Wasis.

Pelaksanaan Lattek Dikko Angkatan ke-166 yang diagendakan berlangsung hingga November mendatang ini, diikuti 519 peserta terdiri dari 23 Taruna AAL Korps Marinir Tingkat III Angkatan ke-68, siswa Dikmaba XL/1, Dikmaba XL/2, dan Dikmata XL/2 TA. 2021, Kodikmar, Kodiklatal.

Menurut Wagub AAL, Latihan Perang Kota merupakan salah satu materi yang dilatihkan kepada peserta didik Dikko kali ini.

Tujuannya untuk memberikan pengetahuan dasar, teknik dan taktik prajurit Marinir dalam melaksanakan taktik unit kecil dan perang kota.

Materi yang dilatihkan dalam perang kota ini, antara lain pemantapan tanda-tanda visual dalam patrol, teknik melintasi bangunan, serta teknik penyerangan di pemukiman kota.

Usai menyaksikan latihan perang kota, Wagub AAL mengatakan calon pemimpin TNI/TNI AL ke depan, para Taruna ditempa tidak hanya dibentuk untuk menjadi atasan, tetapi dibentuk menjadi pemimpin yang sekaligus mampu menempatkan diri sebagai bapak, sahabat, teman bagi semua prajurit bawahannya. Oleh karena itu, tugas dapat diselesaikan dengan baik.

Setiap pemimpin memiliki gaya kepemimpinannya sendiri yang khas.

Namun, dia menyebut sebelas azas kepemimpinan di TNI tetap harus dipedomani sebagai fondasi memimpin di satuannya masing-masing.

Wagub AAL berpesan kepada para pelatih, Taruna dan pendukung lainnya untuk tetap menjaga kesehatan, jaga semangat, jaga mental, dan selalu berpikir positif.

“Laksanakan latihan ini dengan sungguh-sungguh serta tetap disiplin protokol kesehatan,” ucap Laksma TNI Laksma TNI Rudi Aviantara.(fri/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler