Dewan Kecewa RS Tolak Pasien BPJS

Rabu, 08 Oktober 2014 – 01:56 WIB

jpnn.com - BEKASI - Rumah Sakit (RS) di Kota Bekasi dilarang menolak pasien yang memegang kartu BPJS. Rumah sakit harus memberikan pelayanan yang sama seperti pasien yang bukan pemegang kartu BPJS.

Sebab kecenderungannya saat ini, beberapa rumah sakit melakukan diskriminasi pelayanan terhadap pasien kurang mampu (BPJS). Permintaan itu disampaikan Ketua DPRD Kota, Tumai pada Radar Bekasi, kemarin.

BACA JUGA: Stadion Cikarang Belum Kantongi IMB

"Jangan sampai ada rumah sakit yang menolak pasien pemegang kartu BPJS. Apa pun alasannya mereka sudah mempunyai kartu BPJS dan pihak rumah sakit harus memberikan pelayanan yang optimal. Karena beberapa bulan terakhir banyak keluhan masyarakat tentang pelayanan rumah sakit yang sering menolak warga yang menggunakan BPJS kesehatan,” ujar Tumai, seperti dilansir Radar Bekasi (JPNN Grup), Rabu (8/10).

Lebih jauh politisi PDIP ini mengancam, akan mengusulkan pemberian saksi kepada rumah sakit yang menolak pasien BPJS. Untuk itu, ia meminta Komisi D membuat rumusan kerja terkait sanksi yang dapat dijatuhkan kepada rumah sakit yang menolak pasien BPJS.

BACA JUGA: Sebelum Jatuh dari Lantai 56, Sulaiman Bentur Mobil Innova

"Sudah saatnya dirancang pembuatan Perda yang mengatur tentang pelayanan rumah sakit kepada pemegang kartu BPJS lengkap dengan sanksinya," pungkasnya.

Sebelum perda dibuat, Ketua DPRD meminta agar komisi D memanggil penyelenggara BPJS, dan Dinkes untuk menghelat rapat dua pekanan untuk membahas persoalan keluhan masyarakat pemegang kartu BPJS.

BACA JUGA: Belum Ada Tersangka Terkait Kecelakaan Lamborghini Hotman Paris

Tumai juga menyoroti tentang status RSUD yang saat ini menjadi BLUD. Kendati sudah berubah status, dia meminta RSUD jangan semata-mata mementingkan keuntungan saja.

"Saya berharap kepada pihak RSUD Kota Bekasi agar pelayanannya bisa lebih optimal. Walaupun RSUD sudah menjadi BULD yang melakukan pembiayaan sendiri, akan tetapi gedung dan lainnya tetap menggunakan APBD. Jangan sampai ada laporan dari masyarakat bahwa pelayanan RSUD tidak maksimal," pungkasnya. (ran)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Jasad Pria Diduga Lompat dari Menara BCA Remuk


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler