Dewan Syura PKB Sowan kepada Para Kiai, Semua Solid Menjelang Muktamar di Bali

Senin, 19 Agustus 2024 – 12:51 WIB
Silaturahmi Dewan Syura DPP PKB kepada para kiai. Foto: source for JPNN

jpnn.com - SURABAYA - Dewan Syuro DPP Partai Kebangkitan Bangsa melakukan safari ke kediaman sejumlah kiai menjelang pelaksanaan Muktamar ke-6 PKB.

Rombongan Dewan Syuro yang dipimpin Sekretaris Dewan Syura DPP PKB KH Saifullah Maksum, KH Maman Imanulhaq, KH. Syihabuddin Ahmad, Gus Baidhowi, KH. Mahasin dan KH. Ahid mulanya bertandang ke KH Zamzami Mahrus di Ponpes Lirboyo, Kediri.

BACA JUGA: Istimewa, PKB Menggelar Wayangan Lakon Pandawa Boyong Sebelum Muktamar

Pengasuh Pesantren Lirboyo Kiai Zamzami Mahrus berharap konflik PBNU dan PKB segera selesai. Alasannya menurut Kiai Zamzami, PBNU tidak punya hak mencampuri urusan PKB sebagai partai politik yang dilindungi konstitusi.

Akibat konflik itu, struktur NU pun menjadi resah. "Kalau begini, PBNU sendiri yang melenceng dari khitah untuk tidak berpolitik praktis," ujarnya.

BACA JUGA: Gus Jazil: PKB Tidak Punya Masalah dengan NU, Hentikan Langkah yang Tak Perlu

Seusai bertandang ke Kediri, para kiai struktural PKB itu kemudian menyambangi Kiai Asep Saifuddin Chalim di Surabaya.

Kunjungan silaturahmi ke beberapa kiai berpengaruh ini tak bisa lepas dari gonjang-ganjing hubungan antara PKB dengan pucuk pimpinan PBNU yang belakangan memanas.

BACA JUGA: PKB Undang 65 Pimpinan Parpol Luar Negeri Menghadiri Muktamar di Bali

Selesai bersilaturahmi dengan Kiai Asep, rombongan kemudian menyambangi Kiai Cholil Asad di Situbondo.

Pada pertemuan yang digelar di Pesantren Wali Songo Situbondo itu Kiai Cholil berpesan, PKB sebaiknya tak perlu meladeni manuver politik yang kini tengah dilakukan pucuk pimpinan PBNU

Kiai Cholil As'ad justru meminta PKB fokus terhadap kerja-kerja politik yang dapat memberikan dampak terhadap kemaslahatan umat, terutama nahdiyin.

"Tidak merespons bukan juga berarti berdiam diri. Namun, justru PKB harus terus bergerak memperjuangkan kebenaran dalam ranahnya sebagai partai politik," kata Kiai Cholil As'ad.

Kiai Maman yang hadir dalam pertemuan tersebut pun mengamini pesan Kiai Asad.

Anggota DPR RI Komisi VIII itu memastikan PKB solid dan tidak goyah dengan rongrongan pihak-pihak eksternal, apalagi menjelang muktamar yang bakal digelar tanggal 24-25 Agustus di Bali.

PKB, kata Kiai Maman, kini justru menunjukkan prestasi dengan peningkatan elektoral serta kursi di parlemen baik pusat maupun daerah. Hal itu menunjukkan kesuksesan Gus Muhaimin Iskandar dalam memimpin partai sebesar PKB.

Dewan Syuro DPP PKB kemudian menyambangi Ponpes Sabiilul Rosyad pimpinan KH Marzuki Mustamar. Di sana mereka disambut dengan agenda Halaqoh Kebangsaan bersama ulama dan tokoh masyarakat se-Jawa Timur. Kepada wartawan Kiai Marzuki mengungkapkan kekecewaannya atas konflik yang terjadi antara PKB dan PBNU.

Menurut mantan Ketua PWNU Jawa Timur itu, PBNU tidak perlu cawe-cawe urusan politik praktis, PBNU harusnya bekerja pada jalur keumatan dan kemasyarakatan. Sementara PKB didirikan untuk menjadi jembatan politik nahdiyin.

Kunjungan terakhir rombongan Dewan Syuro DPP PKB ini, yakni ke kediaman KH. Musthofa Bisri atau Gus Mus di Rembang.

Kepada Pendiri PKB ini, para kiai ini menyampaikan dan memohon doa untuk kelancaran Muktamar ke-6 PKB.

Mereka pula menyampaikan soliditas kepengurusan PKB dari tingkat pusat sampai daerah serta sejumlah prestasi partai setelah Pemilu 2024 di bawah kepemimpinan Gus Muhaimin Iskandar.

Selain silaturahmi ke Para Kiai di atas, Anggota Dewan Syura Andy Muawiyah Ramli, Taufik Abdullah dan Kiai Otong Abdurrohman menyertai Ketua Umum Gus Muhaimin bertandang ke sesepuh NU, KH. Syukron Makmun dan KH. Ma'ruf Amin yang juga Wakil Presiden RI.

"Kedua sesepuh itu menyatakan dukungan kepada PKB di bawah kepemimpinan Gus Muhaimin. Bahkan bersedia hadir di Muktamar PKB di Bali 24-25 Agustus 2024," tutur Taufik Abdullah.

Beberapa daerah pun menggelar silaturahmi kepada para kiai seperti di Malang, Semarang, dan Majalengka.

Sebelum agenda silaturahmi tersebut ada pertemuan terbatas Dewan Syura dengan para tokoh PKB seperti Alwy Sihab, AS Hikam, KH Arifin Junaidi, KH Mun'im DZ, Masduki Baidhowi dan sejumlah tokoh.

"Semua berharap muktamar berjalan lancar dan bisa menghasilkan platform perjuangan PKB sesuai arahan para sesepuh dan kiai-kiai NU. PKB dari NU untuk Indonesia," kata Wakil Sekertaris Dewan Syura DPP PKB KH. Maman Imanulhaq. (*/jpnn)


Redaktur & Reporter : Mufthia Ridwan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Muktamar PKB   PKB   PBNU   para kiai  

Terpopuler